Transformasi Perusahaan Retail pada Era Digital Lebih Efektif dengan DMS
Perkembangan teknologi dan kecepatan data sharing telah memaksa transformasi perusahaan retail di era digital menjadi lebih cepat. Jika sebelumnya kebutuhan pengelolaan arsip dan dokumen hanya dilakukan dengan bantuan perangkat komputer dan juga dokumen yang telah tersedia dalam format scanned document, kini kebutuhannya sudah berganti.
Oleh karena itu, kehadiran solusi Document Management System (DMS) sebagai salah satu strategi bagi perusahaan retail di era digital sangatlah dibutuhkan. Bagaimana industri retail dapat memanfaatkan solusi ini? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Apa itu Aplikasi DMS untuk Perusahaan Retail?
Perlu Anda ketahui, Document Management System (DMS) merupakan perangkat aplikasi berbasis software digital atau juga web-based app yang dapat digunakan untuk mengelola arsip dan dokumen secara digital. Dengan adanya aplikasi ini, nantinya perusahaan retail dapat memanfaatkannya untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk operasional perusahaan dengan lebih cepat dan efisien.
Cara kerja dari aplikasi ini pun cukup sederhana. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci (keyword) tertentu untuk mencari dokumen atau informasi yang dibutuhkan.
Pentingnya Pengelolaan Arsip bagi Perusahaan Retail pada Era Digital
Perusahaan retail yang lekat dengan menggunungnya database produk merupakan industri dengan kompleksitas informasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kehadiran sistem informasi yang mampu membantu pengelolaan informasi bagi perusahaan retail pada era digital sangatlah dibutuhkan.
Beberapa alasan pentingnya pengelolaan arsip bagi perusahaan retail meliputi:
- Meningkatkan efisiensi penyimpanan informasi
Kehadiran sistem informasi seperti aplikasi DMS dapat membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi penggunaan dokumen dan juga informasi yang terkandung di dalamnya. Optimalisasi penggunaan informasi ini dapat berdampak pada peningkatan kinerja setiap departemen. Selain itu, kolaborasi aktif pun dapat tercipta, sehingga data sharing yang lebih baik juga berpotensi meningkatkan pendapatan perusahaan retail yang Anda kelola.
- Tidak tertinggal dari kompetitor
Peningkatan efisiensi bukan satu-satunya dampak dari penggunaan aplikasi DMS untuk perusahaan retail pada era digital. Dengan adanya sistem informasi yang digunakan untuk pengelolaan dokumen secara digital, tentunya Anda dapat berkompetisi lebih baik dengan kompetitor sejenis, dengan menghadirkan teknologi yang tepat yang dapat mempercepat proses pelayanan konsumen.
- Meningkatkan keamanan informasi
Transformasi perusahaan retail di era digital dengan kehadiran aplikasi DMS juga membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan keamanan informasi dari bahaya pencurian informasi yang dapat merugikan perusahaan. Biasanya, aplikasi DMS seperti yang dimiliki PrimaDoc telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi yang dapat mengacak informasi yang tersimpan di server, sehingga user yang tidak memiliki hak akses dokumen tidak akan dapat membukanya.
- Memenuhi persyaratan hukum
Pengelolaan arsip secara digital juga penting bagi kebutuhan peradilan. Dengan adanya sistem yang dapat menyimpan setiap informasi yang akurat, tentunya Anda dapat menghadirkan data yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu tersangkut perkara hukum yang dapat merugikan perusahaan.
Solusi Aplikasi DMS untuk Perusahaan Retail pada Era Digital
Saat ini, PrimaDoc juga hadir dengan solusi aplikasi DMS yang dapat Anda jadikan pilihan. Dengan dilengkapi beragam kelebihan untuk memudahkan proses pengelolaan arsip digital seperti:
- Web-based app, yaitu aplikasi pengelolaan arsip yang dapat diakses dengan menggunakan browser biasa tanpa perlu instalasi khusus.
- Fitur kearsipan yang lengkap, mulai dari pengaturan hak akses, penulisan deskripsi konten, hingga pengaturan jadwal retensi arsip dapat dilakukan melalui sebuah aplikasi.
- Layanan online maintenance, yang siap membantu Anda tanpa harus tatap muka terlebih dahulu, sehingga perawatan aplikasi menjadi lebih efisien dan dapat dilakukan dari jarak jauh.
Oleh karena itu, dengan beragam kelebihan di atas, tentunya aplikasi DMS dari PrimaDoc dapat diandalkan untuk kebutuhan pengelolaan arsip perusahaan retail pada era digital. Apalagi dengan tersedianya aplikasi demo yang dapat Anda coba terlebih dahulu, tentunya solusi ini adalah pilihan tepat untuk perusahaan retail yang ingin melakukan transformasi agar pelayanan yang dihadirkan lebih efektif dan efisien.
Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi ini? Hubungi tim marketing PrimaDoc sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)