Pemeliharaan arsip nasabah adalah salah satu prioritas sebuah bank, mengingat arsip tersebut memuat informasi rahasia dan sensitif yang tidak boleh tersebar tanpa seizin pemiliknya. Oleh karena itu, menemukan metode yang tepat agar data dan informasi nasabah tetap terjaga sangatlah dibutuhkan, sehingga Anda terhindar dari risiko pidana yang dapat berpengaruh pada masa depan perusahaan.
Lantas, bagaimana sebenarnya solusi yang efektif untuk membantu pemeliharaan arsip nasabah? Untuk mengenal lebih lanjut tentang solusi tersebut, berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Bagi sebuah bank, kenyamanan nasabah merupakan pihak yang harus benar-benar diperhatikan. Dengan demikian, kehadiran sistem yang dapat membantu pemeliharaan arsip nasabah perlu menjadi perhatian khusus bagi Anda.
Ada beberapa alasan penting mengapa pemeliharaan arsip nasabahharus menjadi prioritas Anda, antara lain:
1. Menjaga hubungan kontraktual dengan nasabah
Nasabah yang mempercayakan penyimpanan uang pada institusi bank yang Anda kelola berarti telah menjalin hubungan kontraktual. Untuk itu, hubungan ini juga disertai dengan beberapa prinsip, salah satunya adalah prinsip kerahasiaan (confidential principle). Oleh karena itu, bank berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan tersebut, baik dengan layanan nasabah yang lebih baik dan juga pemeliharaan arsip nasabahyang terpercaya.
Perlu Anda ketahui, semua institusi keuangan di Indonesia diawasi oleh OJK, sehingga bank yang Anda kelola pun perlu mematuhi peraturan dari OJK. Salah satunya tercantum pada Pasal 53 POJK Nomor 1/POJK.07/2013, menyebutkan bahwa bank yang melanggar peraturan dengan menyalahgunakan informasi nasabah dapat dikenai sanksi, mulai dari denda hingga pencabutan izin usaha. Dengan begitu, memastikan agar pemeliharaan arsip nasabahsesuai dengan peraturan OJK sangatlah penting untuk Anda lakukan.
3. Memenuhi tujuan utama pemeliharaan arsip
Tahukah Anda? Tujuan utama dari pemeliharaan arsip nasabahadalah untuk menjamin keamanan arsip yang Anda kelola. Oleh karena itu, menemukan metode pemeliharaan arsip yang tepat sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan monitoring atas arsip dan informasi yang tersimpan di dalamnya, baik dalam format fisik atau juga digital.
4. Menjaga citra baik perusahaan perbankan
Selain untuk tujuan pemeliharaan arsip nasabahsendiri, keberadaan sistem untuk pemeliharaan arsip juga dapat membantu Anda dalam menjaga citra positif perusahaan di mata masyarakat. Jangan sampai kasus kebocoran data nasabah seperti yang sempat terjadi pada sebuah perusahaan perbankan di Bogor juga terjadi pada Anda. Hal tersebut dapat menciptakan efek bola salju yang dapat berpengaruh pada cash flow perusahaan di masa sekarang dan yang akan datang.
Solusi yang Tepat untuk Pemeliharaan Arsip Nasabah
Jika saat ini Anda mengalami kendala untuk melakukan pemeliharaan arsip nasabah, baik karena kurangnya sumber daya manusia atau juga kebingungan dalam menentukan metode pemeliharaan yang tepat, maka Anda tidak perlu khawatir. Kini PrimaDoc hadir dengan solusi pengelolaan dan juga pemeliharaan arsip nasabah yang dapat Anda percaya.
Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam melayani klien, PrimaDoc adalah vendor kearsipan satu atap yang dapat membantu Anda dalam menghadirkan metode pemeliharaan arsip yang lebih baik. Beberapa metode seperti konservasi arsip, preservasi arsip, hingga restorasi arsip dapat Anda jadikan pilihan.
Selain itu, PrimaDoc juga memiliki staf dengan pengalaman di dunia kearsipan yang dapat Anda andalkan. Apalagi PrimaDoc juga memiliki layanan penunjang yang dapat membantu pemeliharaan arsip nasabah menjadi lebih optimal. Contohnya seperti aplikasi DMS untuk pengelolaan arsip digital dan juga layanan pelanggan online jika terdapat kendala yang membutuhkan respon cepat.
Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi tim marketing PrimaDoc sekarang juga dan temukan solusi terbaik untuk pengelolaan arsip perbankan yang Anda butuhkan!