2024, Momentum Terbaik Percepat Transformasi Digital Industri Anda

2024, Momentum Terbaik Percepat Transformasi Digital Industri Anda

Transformasi digital industri dewasa ini merupakan keperluan yang perlu segera Anda realisasikan pada perusahaan dan bisnis. Alasannya tak lain adalah karena adanya permintaan yang besar dari publik terhadap akses produk maupun informasi secara digital. Instansi pemerintahan maupun perusahaan yang tidak mulai beradaptasi dengan hal tersebut berpotensi kehilangan banyak kesempatan dalam hal pengembangan bisnis maupun layanan yang baik. 

Pada artikel ini, PrimaDoc akan membahas mengenai transformasi digital industri yang dapat Anda wujudkan dan matangkan di tahun 2024 ini. 

Transformasi digital, penjelasan, contoh, dan  manfaatnya dalam industri

Transformasi digital industri adalah proses perubahan penggunaan teknologi konvensional menjadi digital sehingga proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien. Transformasi digital juga berkaitan dengan penerapan konsep Industri 4.0, yaitu tren teknologi yang berkembang menuju otomasi dan pertukaran data dalam berbagai bidang, baik pemerintahan hingga manufaktur. 

Transformasi digital dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan produktivitas, kualitas, dan inovasi, serta mengurangi biaya, limbah, dan risiko. Beberapa contoh teknologi yang digunakan dalam transformasi digital ini adalah Document Management System (DMS), Internet of Things (IoT), artificial intelligence (AI), serta cloud and edge computing.

Program kebijakan untuk mempercepat transformasi digital

Transformasi digital telah menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam menentukan arah kebijakan dan program nasional. Salah satu contohnya adalah  dokumen rencana strategis Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Di dalam dokumen Rencana Strategis Kominfo 2020-2024, pemerintah fokus kepada empat program kebijakan untuk mempercepat transformasi digital, yaitu memperluas infrastruktur, memperkuat adopsi teknologi, meningkatkan talenta digital, dan menuntaskan regulasi pendukung. 

Pada tahun 2024, sejumlah permasalahan mungkin dihadapi dalam upaya percepatan transformasi digital industri. Berikut beberapa contoh permasalahan yang mungkin dihadapi, serta momentum terbaik untuk mengatasinya:

Kurangnya Keahlian Digital

Pemanfaatan dan manajemen teknologi digital yang optimal perlu dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mahir di bidang ini. Tanpa keterampilan yang mumpuni, transformasi digital industri dapat terhambat. 

Lantas bagaimana penyelesaiannya? Investasi dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan digital internal menjadi hal esensial yang mampu memberi dampak positif. Hal ini dapat Anda upayakan dengan cara  menjalin kemitraan dengan layanan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam didang digital. 

Keberlanjutan Lingkungan

Transformasi digital industri tak hanya berorientasi pada efektivitas dan efisiensi bisnis maupun organisasi, melainkan juga dampak ekologi yang melekat pada aktivitas manusia. Teknologi yang tidak ramah lingkungan dapat berdampak negatif pada keberlanjutan lingkungan. Hal ini dapat  berpengaruh buruk terhadap kualitas hidup masyarakat maupun aktivitas keseharian kita. 

Lalu, apa solusinya? Mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam strategi transformasi digital menjadi hal yang perlu mendapat perhatian dari tiap pelaku transformasi digital. Arah transformasi perlu berorientasi pada pengadopsian teknologi ramah lingkungan, dan berfokus pada efisiensi energi. Dengan demikian, tak hanya perusahaan dan instansi pemerintah yang akan merasakan manfaat dari transformasi digital, melainkan juga lingkungan dan generasi–generasi selanjutnya. 

Jika disimpulkan, transformasi digital industri perlu mulai Anda merealisasikan pada tahun 2024 ini. Alasannya tak hanya datang dari tuntutan zaman, melainkan urgensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas setiap kegiatan dan transaksi, terutama bagi instansi pemerintahan dan pemilik usaha. Dua tantangan yang muncul dalam mewujudkan agenda ini adalah dalam hal keterampilan digital dan keberlanjutan lingkungan. Kedua hal ini dapat Anda atasi dengan pelatihan bagi SDM, dan integrasi sistem digital seperti DMS.

Masih memiliki pertanyaan? Hubungi tim PrimaDoc untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai transformasi digital di tempat Anda.

Similar Posts