Pelatihan Karyawan atau Jasa Kearsipan Profesional, Mana yang Lebih Efisien?
Setiap perubahan pasti akan menimbulkan tantangan, termasuk dalam proses digitalisasi bisnis. Karyawan yang sudah terbiasa bekerja dengan metode konvensional diharuskan untuk bekerja dengan teknologi. Misalnya dalam pengelolaan arsip digital, karyawan dipaksa untuk beralih dari pengelolaan arsip cetak ke pengelolaan arsip digital dengan menggunakan aplikasi Document Management System (DMS).
Faktanya, tidak semua karyawan dapat beradaptasi dengan cepat dan baik. Beberapa bahkan Tidak sedikit SDM yang masih khawatir dengan kehadiran sistem digital. Mereka merasa tertekan dengan tuntutan adaptasi teknologi yang harus dihadapi. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menyiapkan karyawan untuk membangun dan beradaptasi dengan sistem digital.
Pelatihan karyawan menjadi solusi yang umumnya dapat digunakan. Tapi, pelatihan ini bukanlah satu-satunya solusi. Perusahaan juga dapat menggunakan jasa kearsipan profesional untuk membantu proses digitalisasi perusahaan. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan konsekuensi yang berbeda-beda. Untuk dapat memahami mana yang lebih baik dan efisien bagi perusahaan Anda, dalam artikel ini akan dijabarkan manfaat dan kebutuhan yang harus dibutuhkan untuk mengadakan pelatihan karyawan serta menggunakan jasa kearsipan profesional.
Mengadakan Pelatihan Karyawan
Pelatihan karyawan atau pelatihan kerja merupakan proses mengajarkan pengetahuan dan keterampilan bagi karyawan untuk melakukan tugas ataupun pekerjaan tertentu. Dalam konteks pelatihan dilakukan guna mendukung proses transformasi digital perusahaan, maka pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan karyawan untuk dapat membangun sistem digital dan mengoperasikannya.
Untuk dapat mengadakan pelatihan, diperlukan sumber daya perusahaan yang tidak sedikit. Perusahaan harus menyiapkan anggaran dan infrastruktur untuk mendukung proses pelatihan ini. Bahkan jika perlu, perusahaan juga harus memiliki karyawan yang memiliki kompetensi terhadap sistem digital untuk mempercepat proses adaptasi ini. Nantinya, SDM ini akan menjadi tim khusus internal yang bertanggungjawab terhadap digitalisasi perusahaan serta membantu karyawan lainnya dalam beradaptasi.
Meskipun tidak perlu mendatangkan tim khusus dari eksternal, alternatif ini akan mengurangi waktu kerja karyawan. Selain itu, karyawan juga tidak dapat langsung diberdayakan, karena harus melalui proses adaptasi terlebih dulu. Hal ini tentu akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan jasa kearsipan profesional.
Menggunakan Jasa Kearsipan Profesional
Faktanya, pelatihan karyawan bukanlah satu-satunya cara untuk dapat mendukung proses digitalisasi bisnis perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren digitalisasi yang terus meningkat, telah banyak jasa kearsipan profesional yang dapat membantu transformasi digital perusahaan Anda, salah satunya adalah PrimaDoc.
Ketika perusahaan mempercayakan proses digitalisasi kepada jasa kearsipan PrimaDoc, seluruh proses digitalisasi dilakukan oleh tim ahli PrimaDoc yang profesional. Perusahaan tidak perlu lagi mengadakan pelatihan karyawan, karena seluruh proses digitalisasi akan dilakukan oleh tim PrimaDoc yang sudah tersertifikasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sebagai informasi, sertifikas ANRI diberikan kepada SDM yang telah memenuhi standar kompetensi dalam pengelolaan arsip di Indonesia.
Ketika digitalisasi ditangani oleh SDM jasa kearsipan yang kompeten dibidangnya, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil kerjanya. Anda akan mendapatkan hasil kerja yang terjamin, serta karyawan dapat mengerjakan tugasnya seperti biasa. Hal ini membuat aktivitas dan operasional perusahaan dapat berjalan dengan normal tanpa terganggu oleh pengadaan pelatihan.
Untuk dapat menggunakan jasa kearsipan profesional, perusahaan perlu menyiapkan anggaran. Masing-masing jasa kearsipan biasanya memberikan tarif yang berbeda-beda. Akan tetapi, mempertimbangkan pelatihan karyawan juga membutuhkan anggaran, alternatif ini menjadi solusi yang perlu dipertimbangkan mengingat berbagai manfaat dan efisiensi yang ditawarkan.
Selain menyediakan layanan kearsipan, PrimaDoc juga menyediakan aplikasi untuk membantu perusahaan Anda mengelola arsip secara digital. Aplikasi PrimaDoc didukung oleh beragam fitur canggih yang akan membuat proses penyimpanan dan pengelolaan arsip dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah, cepat dan praktis.
Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang jasa kearsipan PrimaDoc? Hubungi tim marketing PrimaDoc untuk informasi selengkapnya! (Septiani)