Wujudkan Retail Omnichannel Terintegrasi dengan Dukungan Arsip Digital
Dalam ranah strategi digitalisasi untuk perusahaan retail, dapat ditemukan banyak pilihan untuk diterapkan. Masing-masing menawarkan keunggulan dan kekurangannya, dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Di antara berbagai alternatif tersebut, retail omnichannel terintegrasi menjadi salah satu pilihan strategi yang semakin banyak diminati. Meskipun secara teknis, strategi ini mungkin tampak lebih rumit, namun efektivitasnya di era digital seperti sekarang ini, tidak diragukan lagi. Melalui penjelasan di bawah ini, Anda akan semakin memahami mengapa strategi retail omnichannel terintegrasi banyak diminati dan bagaimana tips efektif mewujudkannya!
Apa itu Omnichannel Terintegrasi?
Omnichannel adalah istilah yang mengacu pada strategi menggabungkan berbagai saluran untuk memberikan pengalaman penggunaan yang terintegrasi. Perusahaan yang menerapkan strategi omnichannel dapat menyajikan pengalaman belanja yang lebih praktis bagi pelanggan dan memudahkan mereka untuk melakukan aktivitas lintas platform. Strategi tersebut semakin banyak dilirik oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai andalan strategi marketing.
Mengapa Omnichannel Terintegrasi?
Strategi omnichannel banyak diminati karena efektifitasnya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Perusahaan dapat memperoleh peluang yang lebih besar untuk menarget pelanggan dari berbagai platform. Selain itu, strategi ini juga dapat memberikan keuntungan lainnya, yaitu:
- Membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan
Ketika pelanggan berbelanja pada platform yang terintegrasi satu sama lainnya, mereka akan mendapatkan beragam kemudahan. Misalnya ketika melakukan pembayaran, pelanggan dapat menyesuaikan dengan channel yang biasa digunakan. Jadi tidak perlu repot memindahkan saldo terlebih dulu atau menginstall platform yang tidak pernah digunakannya.
Dengan pengalaman belanja yang lebih mudah, mereka akan merasa nyaman untuk melakukan pembelian kembali di waktu mendatang. Merek perusahaan Anda akan semakin meninggalkan kesan positif pada ingatan mereka. Hal tersebut membuat hubungan merek dengan customer menjadi semakin kuat.
- Kemudahan Pembuatan Penawaran
Perusahaan juga akan lebih mudah untuk mendapatkan data tentang pembelian dan ketertarikan pelanggan saat strategi omnichannel terintegrasi diterapkan. Data tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembuatan offering pada channel yang sering digunakan oleh pelanggan.
Ketika ada seorang customer yang memasukkan produk ke dalam keranjang belanja di website toko online, data tersebut dapat dipahami sebagai ketertarikan mereka terhadap produk tersebut. Perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai data ketika menyusun konten penawaran, yang akan diberikan melalui channel favorit mereka.
Kunci Strategi Omnichannel Terintegrasi
Sistem yang disajikan oleh strategi omnichannel bukan hanya tentang koneksi antar platform yang saling menyatu. Kunci dari strategi ini juga terletak dari sistem penyimpanan data yang terintegrasi dan dikelola melalui satu lokasi terpusat. Penyimpanan data yang terhubung ke setiap chanel akan memungkinkan aktivitas di setiap platform untuk berjalan lebih mudah dan praktis. Sebagai gambaran lebih mudahnya, dapat memperhatikan contoh berikut:
Seorang pelanggan melakukan transaksi melalui toko online dan memasukkan beberapa data pribadinya sebagai syarat pembayaran. Beberapa minggu berikutnya, pelanggan tersebut ingin melakukan pembelian kembali namun melalui platform yang berbeda. Ia ingin mendatangi toko offline secara langsung untuk membeli produk sejenis.
Sayangnya pada saat proses pembelian, ia melupakan spesifikasi detail dari produk yang pernah dibelinya. Ia ingin berusaha mengecek pada history pembeliannya namun dicegah oleh petugas toko. Mereka kemudian membantu mencari data pembelian pelanggan melalui penyimpanan berbasis digital yang digunakan perusahaan. Hingga pada akhirnya data pembelian tersebut berhasil ditemukan.
Strategi omnichannel terintegrasi akan memberikan lebih banyak kemudahan ketika didukung dengan sistem penyimpanan dokumen digital. Bukan hanya pelanggan yang merasa lebih puas karena pengalaman belanja yang lebih praktis, pegawai perusahaan pun dimudahkan dalam menjalankan tugasnya. Setiap dokumen yang mereka butuhkan saat bekerja, dapat diakses lebih mudah melalui satu tempat penyimpanan terpusat.
Perusahaan dapat menghasilkan penjualan yang lebih optimal karena proses kerja dan pelayanan dapat dilakukan lebih cepat. Teknologi penyimpanan dokumen digital seperti PrimaDoc, memungkinkan perusahaan untuk menjaga setiap dokumen dengan lebih praktis dan aman. Tersedia fitur enkripsi yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan perlindungan berlapis.
Setiap dokumen atau data yang tersimpan di dalamnya lebih mudah untuk diakses kembali oleh pegawai kapanpun dibutuhkan. Dokumen juga dapat terjaga dengan lebih baik, karena terhindar dari berbagai hama seperti tikus dan rayap. Untuk informasi lebih lengkap tentang fitur-fitur penyimpanan dokumen digital, silakan menghubungi tim marketing PrimaDoc. Kami siap untuk mendukung strategi omnichannel terintegrasi perusahaan Anda! (Pradana)