Mengoptimalkan Proses Bisnis Melalui Teknologi OCR dalam Era Digital
Era digital ditandai dengan beralihnya media informasi maupun kerja menjadi serba elektronik dan terhubung dalam satu jaringan. Dalam hal administrasi, dan birokrasi, digitalisasi ditandai dengan tata kelola dokumen dan arsip yang sepenuhnya dilakukan secara elektronik. Berbicara tentang tata kelola dokumen digital, salah satu teknologi yang memainkan peran penting adalah teknologi OCR.
Teknologi OCR memungkinkan setiap tulisan pada file elektronik, baik yang sudah berupa teks maupun pada gambar, dapat dikenali oleh mesin. Hal ini sangat menentukan proses pencarian informasi maupun berbagai hal lainnya yang lebih maju dan membawa potensi baru bagi perusahaan. Sayangnya, belum semua pihak sadar akan pentingnya teknologi ini untuk kemajuan bisnis.
Apa itu teknologi OCR?
Istilah OCR memang tidak begitu populer dalam hal pengolahan dokumen dan informasi secara umum, namun perlu bagi Anda untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan teknologi OCR dan mengapa hal ini dapat membantu mengoptimalkan proses bisnis.
OCR merupakan singkatan dari Optical Character Recognition atau yang bila diterjemahkan berarti Pengenalan Karakter Optik. Teknologi OCR merupakan sebuah teknologi yang dapat mengekstrak tulisan dari file gambar menjadi format teks yang dapat dikenali oleh mesin. Contohnya, apabila Anda memindai tumpukan dokumen, hasil file yang akan Anda peroleh adalah gambar yang tidak bisa disalin per kata untuk ditempel ke dokumen kerja berformat word. Dengan bantuan OCR, tulisan pada gambar dapat terdeteksi sebagai teks yang dapat dipilih dan disalin secara fleksibel.
Fleksibilitas tersebut yang sangat penting di dalam mengefisiensikan waktu dan tenaga, serta mengoptimalkan kegiatan organisasi di perusahaan Anda. bayangkan jika staf Anda harus mengetik ulang seluruh isi dokumen untuk dapat membuat file digital yang aksesibel, tentunya akan sangat memakan waktu, bukan?
Teknologi OCR untuk optimalisasi bisnis
Setelah mengetahui apa itu OCR, kini waktunya bagi Anda untuk melihat peluang yang dapat Anda integrasikan ke dalam usaha dan bisnis dengan pemanfaatan teknologi OCR. berikut adalah 3 hal yang dapat OCR lakukan untuk mengoptimalkan bisnis.
Pengelolaan Dokumen: OCR digunakan untuk mengkonversi dokumen fisik seperti surat, faktur, kontrak, dan dokumen lainnya menjadi teks yang dapat dicari dan diolah secara digital. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi ketergantungan pada berkas fisik dan meningkatkan efisiensi dalam manajemen dokumen.
Otomasi Proses Bisnis: OCR dapat digunakan untuk mengekstrak informasi kunci dari dokumen, seperti nomor faktur atau data pelanggan. Ini memungkinkan otomatisasi proses bisnis seperti fakturasi, penggajian, dan pengelolaan inventaris.
Pengenalan Tanda Tangan Digital: Dalam transaksi bisnis yang memerlukan tanda tangan, OCR dapat digunakan untuk mengenali dan memverifikasi tanda tangan digital, memungkinkan penandatanganan dokumen secara elektronik.
Jika disimpulkan, Pemanfaatan teknologi OCR dalam bisnis dapat menghemat waktu, mengurangi biaya, dan meningkatkan akurasi data, yang semuanya berkontribusi pada transformasi digital yang lebih efisien dan efektif.
Teknologi OCR pada layanan alih media dokumen PrimaDoc
Salah satu layanan PrimaDoc yang mengintegrasikan teknologi OCR adalah layanan digitalisasi dokumen. Layanan ini ditujukan untuk membantu perusahaan melakukan pemindaian dokumen dan arsip cetak menjadi dokumen digital berkualitas tinggi yang dapat dikenali komputer sebagai teks. Dokumen digital PrimaDoc diindeks dengan meta deskripsi untuk identifikasi komputer yang lebih mudah. Hal ini akan alih media primaDoc menjamin kemudahan pencarian dokumen digital dan dokumen digital siap pakai untuk kemajuan bisnis Anda.
Butuh konsultasi lebih lanjut mengenai OCR dan pemanfaatannya di dalam kegiatan bisnis? Jangan ragu hubungi PrimaDoc! (Deanita)