Kredibilitas Perusahaan Perbankan Meningkat dengan Penggunaan DMS
Manfaat Document Management System (DMS) tidak hanya dapat dirasakan instansi pemerintahan saja, tetapi juga menguntungkan bagi perusahaan perbankan yang berada di Indonesia. Dengan adanya solusi berbasis teknologi ini, perusahaan yang Anda kelola juga akan tampak lebih profesional di mata nasabah karena menerapkan teknologi terbaru untuk menjaga keamanan datanya.
Meskipun begitu, belum semua perusahaan perbankan mengetahui tentang implementasi Document Management System untuk perusahaan perbankan. Untuk itu, jika Anda berencana untuk beralih menggunakan solusi DMS untuk membantu pengelolaan dokumen perbankan yang lebih baik, maka informasi berikut ini penting untuk diketahui!
Mengapa Perusahaan Perbankan di Indonesia Membutuhkan DMS?
Sebelum memahami lebih lanjut tentang implementasi Document Management System untuk perusahaan perbankan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai peran dari solusi ini bagi proses pengelolaan dokumen perbankan. Beberapa di antaranya meliputi:
- Adanya salinan digital untuk setiap dokumen fisik
Kehadiran aplikasi DMS mampu menjadi langkah mitigasi untuk meminimalisir risiko kehilangan atau juga kerusakan dokumen, yang dapat berakibat pada kehilangan kepercayaan pada perusahaan Anda atau juga ancaman sanksi pidana karena dianggap lalai dalam mengelola dokumen.
Tentunya Anda tidak ingin risiko mengancam perusahaan perbankan dalam jangka panjang. Untuk itu, pastikan agar Anda menggunakan Document Management System agar setiap informasi di dalam dokumen tetap aman.
- Sarana pencarian informasi nasabah yang lebih cepat
Kecepatan transfer informasi sangatlah krusial di era disrupsi teknologi seperti saat ini. Oleh karena itu, kehadiran Document Management System mampu menjadi solusi untuk penemuan kembali informasi yang dibutuhkan nasabah dengan lebih cepat.
Hal ini tentunya dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda di mata nasabah, karena berhasil menghadirkan pelayanan yang lebih efisien dan juga efektif.
- Mengurangi penggunaan dokumen fisik
Dokumen fisik sebenarnya masih dibutuhkan untuk perusahan perbankan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus menggunakannya setiap saat. Anda dapat menjaga kelestarian dokumen fisik dengan adanya aplikasi DMS yang tepat, seperti yang dimiliki oleh PrimaDoc.
Aplikasi Document Management System yang dimiliki PrimaDoc mampu difungsikan sebagai perangkat untuk mengakses dokumen digital dan juga mengelola dokumen fisik. Integrasi antara kedua jenis dokumen ini dapat menjadikan proses berbagi data Anda menjadi lebih efisien.
- Dapat dikembangkan menjadi sistem peminjaman dokumen
Jika Anda menggunakan aplikasi DMS dari PrimaDoc, maka solusi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk peminjaman dokumen. Kehadiran fitur ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas penggunaan dokumen oleh karyawan, sehingga tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan lebih optimal.
Selain itu, sistem peminjaman dokumen yang dikembangkan dari Document Management System juga dapat digunakan untuk monitoring penggunaan dokumen. Pengaturan hak akses juga dapat dilakukan dengan mudah, sehingga tidak semua orang dapat mengakses dokumen yang Anda miliki.
Implementasi Document Management System di Perusahaan Perbankan
Sebagai salah satu vendor penyedia layanan pengelolaan dokumen yang terkemuka di Indonesia, PrimaDoc memiliki solusi Document Management System yang dapat diimplementasikan untuk kebutuhan perusahaan perbankan.
Adapun beberapa bentuk implementasinya dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Proses registrasi yang lebih singkat
Dengan adanya aplikasi DMS, waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi calon nasabah menjadi lebih cepat. Tentunya hal ini dapat menjadikan proses registrasi lebih efisien, karena Anda dapat memproses jumlah pendaftaran yang lebih banyak setiap harinya;
- Transformasi digital perbankan
Bagi Anda yang mengelola perusahaan perbankan, tentunya istilah Neo Bank tidak lagi asing. Kehadiran aplikasi Document Management System juga memungkinkan agar Anda dapat mengimplementasi konsep ini, yang dapat menjadikan proses perbankan digital tanpa kantor menjadi memungkinkan. Anda hanya membutuhkan pusat pengelolaan informasi (server) yang difungsikan sebagai ‘otak’ untuk mengakses semua informasi kearsipan yang dibutuhkan.
Itulah tadi informasi mengenai peran dan juga implementasi aplikasi DMS yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kredibilitas perusahaan perbankan.
Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan solusi Document Management System dari PrimaDoc, yang dapat menjadikan pengelolaan dokumen menjadi lebih mudah dan cepat.
Informasi selengkapnya mengenai solusi ini dapat Anda dapatkan dengan menghubungi tim marketing kami sekarang juga! (Pradana)