Alih Media vs Konvensional: Mana yang Meningkatkan Kecepatan Pengiriman?
Apakah Anda tengah mencari solusi andal untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan jasa logistik? Sudahkah Anda mengaplikasikan solusi digital dan mengintegrasikan dokumen logistik dalam satu penyimpanan terpusat? Jika belum, ini saat yang tepat untuk memulai tata kelola baru yang lebih unggul dengan Alih Media.
Apa itu alih media dan bagaimana solusi ini dapat meningkatkan kecepatan pengiriman? Cari tahu dan bandingkan cara konvensional menggunakan kertas dengan cara digital yang lebih modern!
Keunggulan Alih Media dokumen logistik
Alih media adalah sebuah upaya untuk mengkonversi dokumen maupun arsip dari media konvensional menjadi media digital. Alih media kerap lebih digemari oleh perusahaan dengan tata kelola modern lantaran mampu meningkatkan kecepatan distribusi serta autentifikasi informasi. Hal ini karena media digital memungkinkan transfer data dengan cepat melalui jaringan internet atau infrastruktur digital lainnya seperti penyimpanan cloud, server, dan aplikasi Document Management System(DMS).
Alih media dokumen logistik memiliki berbagai keunggulan yang dapat mengoptimalakan arus informasi dan pembagian dokumen di perusahaan Anda. Beberapa alasan alih media dapat menjadi solusi yang tepat bagi bisnis Anda antara lain:
- Meningkatkan kecepatan pengiriman: Dalam media digital, pengiriman informasi dapat dilakukan dengan mudah melalui email, platform berbagi file, atau aplikasi pesan instan. Ini mempercepat proses komunikasi dan pertukaran informasi.
- Memungkinkan pengiriman informasi dalam jumlah besar secara efisien: membagikan informasi maupun dokumen dalam volume besar tak lagi jadi kendala bagi perusahaan, sebab cara digital mampu menyebarkan informasi secara cepat kapanpun dan dimanapun. Misalnya, dengan mengirim surel massal atau memposting informasi di platform media sosial, informasi dapat diakses oleh ribuan atau bahkan jutaan orang dalam waktu singkat.
- Pengintegrasian ruang penyimpanan: dengan interkonektivitas antar agen, kantor, maupun anak perusahaan dalam satu jaringan penyimpanan terpusat, kontrol terhadap dokumen dan verifikasi informasi pun dapat Anda lakukan secara instan tanpa harus mengirimkan dokumen secara manual melalui pos.
Pengelolaan dokumen logistik dengan cara konvensional
Cara konvensional dalam penanganan distribusi informasi dan dokumen logistik mengacu pada penggunaan media cetak seperti kertas sebagai media utamanya. Ini merupakan cara pengelolaan arsip sejak lama yang telah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia oleh karena kenyamanannya saat dibaca jika dibandingkan dengan dokumen digital.
Berikut adalah kelebihan dokumen logistik konvensional bila Anda bandingkan dengan alih media:
- Sentuhan fisik: dokumen kertas memberikan pengalaman sentuhan fisik yang tidak dapat diberikan oleh dokumen digital. Beberapa orang pun lebih menyukai bekerja dengan format cetak dengan alasan tersebut.
- Keterbacaan: tak jarang orang merasa membaca teks dalam bentuk kertas lebih mudah dan nyaman dibandingkan teks pada layar. Kertas memang tidak memancarkan cahaya yang dapat mengganggu penglihatan.
- Tidak bergantung pada perangkat elektronik: dokumen cetak dapat Anda distribusikan dan simpan tanpa perlu bergantung pada kecepatan koneksi internet maupun perlengkapan elektronik lainnya. Hal ini tentu lebih memudahkan bagi perusahaan yang baru merintis bisnis logistiknya di area 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).
Nah, itulah perbandingan manfaat antara alih media dokumen logistik vs tata kelola dokumen konvensional. Manakah yang lebih tepat bagi perusahaan logistik Anda?
Masih memiliki pertanyaan terkait alih media dokumen logistik? Tenang, diskusikan pertanyaan Anda bersama PrimaDoc! Tim kami yang andal dan berpengalaman siap mendukung setiap langkah digitalisasi kearsipan di tempat Anda!