DMS, Solusi Pengelolaan dan Pengawasan Perusahaan Migas
Sudahkah pengelolaan dokumen perusahaan migas yang Anda kelola dilengkapi dengan teknologi yang tepat seperti Document Management System (DMS)?
Jika belum, maka kini adalah waktu yang tepat agar Anda memulai implementasi sistem informasi untuk mendukung proses berbagai data (data sharing) yang lebih baik. Dengan proses yang lebih sederhana, cepat dan juga efektif, nantinya semua informasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan dan juga pengawasan dapat dilakukan dengan mudah.
Bagaimana sebenarnya solusi DMS dapat membantu pengelolaan dokumen perusahaan migas yang lebih baik? Berikut penjelasan selengkapnya yang perlu Anda ketahui!
Peran Pengelolaan Dokumen Perusahaan Migas yang Sesungguhnya
Tahukah Anda? Meskipun terlihat tidak esensial, nyatanya pengelolaan dokumen perusahaan sangatlah penting untuk memenuhi beberapa fungsi. Peran informasi juga terbilang cukup krusial dalam manajemen perusahaan, sehingga peran pengelolaan dokumen dapat mempengaruhi beberapa hal, meliputi:
1. Mempermudah pengajuan SKT Migas
Untuk memulai proses produksi, keberadaan Surat Kerja Terdaftar (SKT) Migas sangatlah penting untuk Anda miliki. Prosesnya sendiri memakan waktu yang tidak terlalu lama, tetapi membutuhkan kesiapan dokumen yang benar-benar matang.
Di sinilah peran pengelolaan dokumen perusahaan migas yang diperkuat dengan aplikasi DMS dapat membantu Anda. Dengan adanya aplikasi yang memungkinkan akses dokumen yang dibutuhkan dalam hitungan detik, nantinya proses pemberkasan yang dibutuhkan juga menjadi lebih cepat dan efisien.
Apalagi pemerintah juga sudah mengakui dalam UU ITE bahwa dokumen elektronik merupakan bukti valid yang dapat digunakan dan diakui oleh hukum Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai legalitas penggunaan dokumen digital yang diajukan untuk memperoleh SKT Migas ke Kementerian ESDM.
2. Saran pembuktian kompetensi perusahaan
Selain kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi, perusahaan migas juga harus memenuhi kualifikasi lainnya agar SKT Migas yang diajukan dapat disetujui. Salah satunya adalah memiliki penguasaan teknologi.
Dengan adanya aplikasi DMS dalam pengelolaan dokumen perusahaan migas, maka syarat ini dapat dipenuhi, mengingat aplikasi ini dapat menjadikan alur kerja distribusi informasi di lapangan dan juga kantor menjadi lebih efektif dan efisien.
3. Menjadikan proses pengawasan lebih mudah
Tidak hanya pengajuan SKT Migas saja yang dipermudah, tetapi fungsi pengawasan terhadap aktivitas yang terjadi di lapangan juga ikut dimudahkan. Hal tersebut dapat terwujud berkat adanya aplikasi DMS yang dilengkapi dengan web based app, yang memungkinkan manajemen dalam mengakses dokumen yang tersimpan di server pusat melalui berbagai perangkat, baik laptop, komputer, hingga tablet PC.
Dengan adanya aplikasi berbasis web browser ini, Anda juga tidak memerlukan instalasi khusus. Asalkan jaringan internet dan aplikasi browser memadai, maka Anda dapat segera mengetahui laporan harian, mingguan, hingga tahunan dalam beberapa klik.
Solusi Pengelolaan Dokumen Perusahaan Migas yang Tepat
Untuk menjadikan peran aplikasi DMS yang telah disebutkan menjadi nyata, tentunya Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Apalagi mengingat sumber daya teknologi dan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi sendiri tidaklah sedikit, sehingga kerjasama dengan vendor eksternal yang memiliki solusi pengelolaan dokumen perusahaan migas sangatlah dibutuhkan.
Oleh karena itu, Anda dapat mempercayakannya pada PrimaDoc, salah satu vendor kearsipan satu atap terkemuka di Indonesia yang telah dipercaya banyak perusahaan dari berbagai industri, mulai dari industri pertambangan, finansial, hingga kesehatan.
Berbeda dengan aplikasi DMS lainnya, aplikasi PrimaDoc memiliki beberapa kelebihan, mulai dari kustomisasi fitur untuk menyesuaikan kebutuhan Anda, layanan online maintenance yang dapat dilakukan dari jarak jauh, hingga teknologi enkripsi yang memungkinkan dokumen senstif yang Anda miliki aman dari bahaya peretasan atau pencurian data.
Selain itu, solusi aplikasi DMS untuk pengelolaan dokumen perusahaan migas dari PrimaDoc juga telah dilengkapi web based app untuk akses dokumen yang lebih mudah. Dukungan solusi kearsipan lainnya juga lengkap, sehingga semua kebutuhan kearsipan perusahaan migas Anda dapat terpenuhi.
Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi ini? Hubungi tim marketing PrimaDoc sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)