DMS Bantu Optimalkan Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan kepada BPR
Tahukah Anda? Document Management System (DMS) tidak hanya dapat digunakan oleh perusahaan saja, tetapi juga Otoritas Jasa Keuangan untuk mengawasi BPR. Apalagi mengingat pengawasan Bank Perkreditan Rakyat masih sulit dilakukan, karena belum semuanya menerapkan digitalisasi dokumen yang memudahkan proses audit pada akhir periode.
Bagaimana sebenarnya Document Management System dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintahan untuk melakukan pengawasan dokumen yang lebih optimal? Cari tahu selengkapnya berikut ini!
Peran DMS dalam Pengawasan Kepada BPR
Untuk memperoleh manfaat yang optimal dalam penggunaan aplikasi DMS, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang peran yang sebenarnya dari Document Management System untuk proses digitalisasi dokumen BPR. Beberapa di antaranya meliputi:
- Mempermudah proses pengecekan dokumen
Seperti yang kita ketahui bersama, umumnya sebuah bank memiliki dokumen yang tidak sedikit jumlahnya. Untuk itu, kehadiran dokumen digital yang dapat diakses dengan aplikasi DMS mampu mempermudah proses pengecekan OJK terhadap semua dokumen yang dimiliki BPR.
Di sisi lain, BPR juga memperoleh manfaat dengan sistem kearsipan yang lebih efisien dan efektif, yang dapat meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan nasabah.
- Langkah mitigasi untuk menghadapi bencana
Dalam menghadapi bencana alam dan non-alam, kehadiran aplikasi DMS juga mampu menjadi langkah preventif agar dokumen yang dimiliki BPR tidak hilang. Ketersediaan data ini sangatlah penting, mengingat OJK membutuhkan data tahunan untuk audit keuangan.
Tanpa adanya semua dokumen ini, BPR akan berisiko terkena sanksi berupa pembekuan bisnis hingga pencabutan izin usaha akibat dinilai lalai dalam mengelola dan menyimpan data transaksi keuangan.
Selain itu, langkah mitigasi dengan menggunakan Document Management System juga dapat memberikan nilai tambah bagi BPR di mata nasabah, karena dapat memberikan rasa aman atas informasi keuangan yang dilakukan.
- Sharing dokumen dari mana saja
Jika Anda menggunakan aplikasi DMS dari PrimaDoc, maka Anda akan memperoleh kemampuan tambahan untuk mengakses server penyimpanan dokumen dari berbagai perangkat (multi devices).
Akses Document Management System memungkinkan dilakukan dari mana saja karena PrimaDoc memiliki aplikasi web based yang dapat digunakan dengan hanya bermodalkan browser biasa seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan browser andalan lainnya.
Dengan begitu, jika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda hanya perlu membagikan dokumen yang dibutuhkan secara digital. Langkah ini dapat menjadikan proses audit lebih efisien dan juga cepat.
- Ekstraksi dokumen yang lebih cepat
Ekstraksi informasi dari dokumen menjadi hal vital bagi OJK dalam menjalankan fungsi pengawasan kepada BPR. Untuk itu, Anda dapat mengandalkan aplikasi PrimaDoc untuk mempermudah proses pengumpulan seluruh informasi yang tersimpan pada server.
Cara untuk ekstraksi pun terbilang mudah, Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci (keyword) yang dibutuhkan dan informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan. Hal tersebut memungkinkan karena sebelumnya dokumen yang tersimpan pada server PrimaDoc telah melalui proses indexing yang tepat, sehingga Anda dapat memulai proses temu kembali informasi dengan lebih efisien.
Solusi Document Management System yang Tepat Bagi OJK
Untuk melengkapi proses pengawasan OJK kepada Bank Perkreditan Rakyat, Anda hanya perlu mempercayakannya kepada PrimaDoc. Dengan pengalaman bertahun-tahun di dunia kearsipan, PrimaDoc adalah vendor kearsipan terkemuka yang telah dipercaya oleh ratusan klien dari berbagai industri, baik industri manufaktur, energi, perbankan, hingga instansi pemerintahan.
Kini, dengan fitur yang lebih lengkap dari sebelumnya, Document Management System (DMS) dari PrimaDoc terus berbenah untuk mendukung proses pengawas keuangan dalam menjalankan fungsinya dengan metodologi yang mengikuti perkembangan zaman.
Selain itu, PrimaDoc juga telah mengantongi bukti lulus uji sertifikasi ISO 9001:2015, sehingga kualitas layanan yang diberikan dapat dipastikan konsisten dan berkualitas. Dengan adanya bukti ini, Anda tidak perlu lagi khawatir jika pelayanan kearsipan yang diberikan berada di bawah standar.
Jadi, tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi Document Management System dari PrimaDoc? Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)