Percepat Sistem Pemerintahan Digital dengan Penerapan SPBE
Sudahkah Anda tahu? Sistem pemerintahan digital dapat semakin optimal dengan implementasi SPBE? Pelajari selengkapnya di sini.
Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akhirnya telah membawa masyarakat pada kegiatan perkantoran dan administrasi yang serba elektronik, tak terkecuali kegiatan pemerintahan. Sayangnya, situasi ini belum terstruktur dengan baik di Indonesia.
Masih banyak instansi maupun pemerintah daerah yang tidak memiliki sistem terintegrasi. Akibatnya, alih-alih menjadi terstruktur dan mengoptimalkan pekerjaan, hal ini justru berpotensi membuat manajemen pemerintahan digital maupun pengarsipan menjadi berantakan. Lantas apa solusinya? Penerapan SPBE jawabannya.
Cakupan pemerintahan digital
Pemerintahan digital, atau yang juga dikenal sebagai E-Government, adalah konsep menjadi fokus transformasi digital pemerintah RI. Transformasi ini akan mencakup empat bidang utama, yaitu:
- Bidang penganggaran
- Bidang kepegawaian
- Bidang pelayanan publik
- Bidang kearsipan.
Melalui penerapan teknologi, pemerintah berupaya mengoptimalkan efisiensi, transparansi, dan aksesibilitas dalam semua aspek pemerintahan. Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan manfaat dari proses administrasi yang lebih lancar, pelayanan yang lebih baik, pengaduan yang lebih cepat ditangani, serta pengelolaan arsip yang lebih efisien.
Implementasi SPBE percepat sistem pemerintahan digital
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE), merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Sistem ini berbentuk aplikasi umum dan aplikasi khusus yang ditujukan untuk penyelenggaraan pemerintahan di instansi pemerintah maupun pemerintah daerah. Selain berada di dalam aplikasi sistem yang sama dan saling terhubung, penyimpanan data dan file digital pun ditempatkan dalam satu ruang penyimpanan terpusat yang dapat diakses beberapa orang yang memiliki hak akses. Kemudahan akses ini akan memberikan manfaat untuk instansi Anda dalam hal kecepatan akses temu kembali dokumen, berbagi data dan informasi, serta memudahkan verifikasi arsip.
Dengan aplikasi yang demikian sistematis, pemerintahan digital pun dapat direalisasikan secara efektif, efisien, dan aman. Berbagai proses yang sebelumnya dapat memakan waktu dan energi dengan tumpukan kertas dan pencarian dokumen yang Tak sebentar, kini dapat diringkas. Tak perlu ada lagi kejadian dokumen yang hilang atau terselip. Lantas, bagaimana cara untuk mulai turut berpartisipasi di dalam ekosistem pemerintahan digital ini? Alih mediakan arsip cetak sekarang juga!
Mulai implementasikan SPBE dengan alih media arsip
Untuk memiliki sistem pemerintahan digital yang matang, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal-hal tersebut mencakup kelengkapan infrastruktur fisik seperti perangkat keras komputer, scanner, maupun perangkat lunak seperti software pengolah kata dan gambar. Akses internet dan browser yang terbarukan pun tak boleh luput. Selain hal-hal tersebut, salah satu yang paling esensial adalah dokumen elektronik berkualitas tinggi.
Dokumen cetak yang berisi data dan informasi perlu dapat terlihat dengan jelas sekalipun medianya berubah dari kertas menjadi file digital. Tujuannya tentu agar siapapun yang mengaksesnya melalui komputer dapat memperoleh informasi yang dicari secara tepat dan akurat. Agar mendapatkan hasil scan yang baik, perlu perangkat pemindai berpresisi tinggi serta ketelitian. Di tahap inilah banyak terjadi kesalahan lantaran peralatan yang tidak sesuai dan pegawai arsiparis yang kewalahan dengan beban kerja ekstra.
Untuk dapat memenuhi standar tersebut, instansi Anda dapat berkonsultasi dengan tim ahli di bidang manajemen dokumen dan kearsipan PrimaDoc. Mengapa? Karena dalam upaya merealisasikan pemerintahan digital yang matang, berbagai pihak perlu saling berkolaborasi dan mendukung, tidak terkecuali dari pihak ketiga. Untuk mulai berbicara dengan tim kami, Anda dapat melakukan chat melalui WhatsApp PrimaDoc kapanpun Anda butuhkan! (Deanita)