Apa Solusi Efektif untuk Peningkatan "Produktivitas Perusahaan Migas"?

Apa Solusi Efektif untuk Peningkatan “Produktivitas Perusahaan Migas”?

Industri minyak dan gas bumi (migas) merupakan salah satu sektor industri yang memiliki peran penting dan strategis dalam perekonomian Indonesia. Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartanto, mengatakan bahwa industri migas memberikan kontribusi investasi sebesar US$10 miliar per tahun. Industri migas juga memberikan efek yang bisa mencapai 1,6 kali dengan penyerapan tenaga kerja yang cukup tinggi. Tidak heran jika  pemerintah terus mendorong produktivitas perusahaan migas, khususnya pada bagian hulu dalam mendukung pertumbuhan ekonomi indonesia.

Dalam kegiatan usaha industri migas, pemancar dan perekaman data-data mulai dari data mentah, data geospasial, data laboratorium, data seismik, statistik produksi harian, data pengeboran, serta visualisasi yang diambil secara real-time menjadi unsur-unsur yang terus bersentuhan setiap harinya. Data yang dikelola inilah yang disebut sebagai big data. Kemampuan perusahaan dalam mengelola big data yang ada menjadi hal yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan migas itu sendiri.

Masalah Pengelolaan Dokumen Industri Migas

Mengingat bahwa industri migas sangat penting dalam perkembangan ekonomi nasional, pengelolaan big data yang berhubungan dengan operasional dan produktivitas perusahaan migas menjadi hal yang sangat penting. Pengelolaan yang baik tentu akan meningkatkan produktivitas perusahaan migas, sebaliknya pengelolaan data yang buruk akan menghambat produktivitas perusahaan.

Saat ini, mayoritas industri migas masih mengelola dokumen perusahaan secara konvensional. Data-data operasional dicetak di kertas, dan dokumen disimpan dalam ruang penyimpanan arsip. Namun, apakah pengelolaan dokumen secara konvensional (cetak) masih efektif dalam menunjang operasional dan produktivitas perusahaan migas?

Faktanya, pengelolaan dokumen secara konvensional tidak lagi menciptakan efisiensi dan efektivitas dalam operasional perusahaan. Pengelolaan dokumen secara konvensional justru berdampak pada terciptanya beban kerja yang semakin besar untuk hampir setiap bagian. Terlebih asumsi lokasi operasional perusahaan migas tersebar pada berbagai titik. Pembuatan dokumen, penyimpanan, pencarian data, dan berbagai operasional pengelolaan dokumen membutuhkan waktu serta usaha yang lebih ekstra dan hal tersebut meningkatkan kerumitan birokrasi. Hal ini tentu akan menghambat produktivitas perusahaan migas.

Solusi Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Migas

Oleh karena industri migas sangat penting dalam perkembangan ekonomi nasional, pengelolaan big data yang berhubungan dengan operasional dan produktivitas perusahaan migas menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pengelolaan yang baik tentu akan meningkatkan produktivitas perusahaan migas, sebaliknya pengelolaan data yang buruk akan menghambat produktivitas perusahaan.

Efisiensi merupakan strategi yang banyak diterapkan dalam sektor industri manapun dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan, termasuk perusahaan migas. Salah satu bentuk efisiensi yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan adalah dengan mengurangi beban kerja administrasi. Itulah sebabnya, metode pengelolaan konvensional perlu diganti dengan metode yang lebih praktis. Lalu, apa alternatif metode pengelolaan yang lebih efektif?

Perkembangan teknologi telah menawarkan cara pengelolaan dokumen yang lebih mudah, praktis dan cepat melalui digitalisasi arsip dan pemanfaatan Document Management System (DMS). Digitalisasi arsip dapat mendukung pengelolaan big data perusahaan migas secara real-time karena didukung penyimpanan berbasis digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Hal ini akan mengurangi pekerjaan-pekerjaan teknis pengelolaan dokumen yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Pembuatan dokumen dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Pencarian dokumen juga dapat lebih praktis tanpa harus berkutat di dalam gudang arsip, memilah-milah dokumen dari tumpukan kertas yang banyak dan merepotkan.

Tak hanya itu, data juga dapat dikirim dengan cepat. Hal ini akan memudahkan koordinasi dan pelaporan antar divisi, kepada atasan, atau kepada stakeholder perusahaan. Berbagai kemudahan, efisiensi dan kecepatan yang ditawarkan dari digitalisasi arsip dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan migas.

Sistem DMS kini juga sudah dilengkapi dengan keamanan data yang baik, seperti DMS PrimaDoc. Berbagai fitur keamanan seperti password, enkripsi, manajemen akses data dan sebagainya dapat melindungi dokumen dari berbagai potensi penyalahgunaan. Misalnya, data di dalam dokumen yang dilindungi oleh sistem enkripsi akan berubah menjadi acak saat diakses secara ilegal. 

Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang DMS PrimaDoc dengan menghubungi tim marketing PrimaDoc. Kami siap untuk mewujudkan solusi pengelolaan arsip yang lebih efektif bagi perusahaan Anda! (Septiani)

Similar Posts