Tips Menyiapkan Karyawan Beradaptasi dengan Model Bisnis Era Digital

Teknologi telah menjadi pusat dari kegiatan bisnis era digital. Penggunaan teknologi secara nyata telah membawa efisiensi dan meningkatkan efektivitas operasional bisnis, mulai dari pengelolaan arsip digital, pemasaran digital, pelayanan pelanggan digital, rapat virtual, dan sebagainya. Hal ini dapat dilihat dari munculnya perusahaan-perusahaan besar yang justru menjadikan teknologi sebagai pusat aktivitas bisnis mereka.

Pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri telah mempercepat transformasi digital industri di Indonesia. Berbagai sektor bahkan “dipaksa” untuk segera melakukan transformasi digital. Perubahan yang mendadak ini pada akhirnya memaksa karyawan untuk beradaptasi dengan bisnis era digital. Karyawan yang tadinya bekerja dengan cara konvensional, kini harus mampu belajar untuk bekerja dengan teknologi.

Adaptasi teknologi bukanlah hal yang sederhana. Tidak semua karyawan dapat beradaptasi dengan cepat. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mencari solusi untuk mempersiapkan karyawan dalam beradaptasi dengan model bisnis era digital guna mengoptimalisasi digitalisasi yang telah dilakukan. Berikut 4 tips yang dapat dilakukan perusahaan untuk masalah tersebut.

Komunikasikan Target dan Rencana

Kolaborasi dari seluruh karyawan diperlukan untuk dapat mencapai tujuan yang ditetapkan perusahaan, termasuk dalam transformasi digital ini. Adaptasi dengan sistem digital akan berjalan lancar ketika semua karyawan menyadari pentingnya transformasi digital dilakukan dan bersama-sama mau beradaptasi dengan digitalisasi yang diterapkan.

Menyampaikan target dan rencana digitalisasi perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan jika perlu, perusahaan juga dapat menyampaikan alasan serta manfaat yang akan didapatkan dari digitalisasi yang dilakukan. Dengan mengetahui alasan digitalisasi dan bagaimana rencana implementasinya, karyawan dapat lebih mudah memahami dan juga termotivasi dalam adaptasi sistem digital. Hal ini juga akan mendorong karyawan untuk mau beradaptasi dengan sistem digital, mengingat bahwa hal ini justru akan menciptakan kemudahan dan meringankan pekerjaan mereka kedepannya.

Persiapkan Tim Khusus

Bisnis era digital menjadikan teknologi sebagai pusat dari aktivitas bisnis mereka. Oleh sebab itu, adanya karyawan yang memahami tentang kebijakan dan proses digitalisasi menjadi hal yang sangat penting. Karyawan dengan kemampuan inilah yang nantinya dapat mengawal dan membantu kelancaran proses adaptasi digital di suatu perusahaan. Selain itu, perusahaan juga perlu menyiapkan tim khusus yang akan membantu manajemen dalam menyukseskan implementasi digitalisasi di perusahaan. Tim khusus ini nantinya ditugaskan untuk memahami kebijakan dan proses digitalisasi. Mereka juga bertanggungjawab dalam membantu para karyawan yang mengalami kendala atau kebingungan dalam pemanfaatan teknologi. 

Pelatihan 

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah mengutarakan bahwa kemampuan digital mayoritas SDM di Indonesia masih belum memadai. Padahal kemampuan untuk bekerja dengan teknologi digital menjadi faktor penting bagi bisnis era digital. Meskipun karyawan telah terbiasa dalam mengelola arsip cetak, kehadiran teknologi akan membuat perubahan dari bagaimana cara kerja dengan platform digital, termasuk penggunaan aplikasi. 

Ketidakmampuan karyawan dalam mengoperasikan teknologi digital, misalnya seperti aplikasi pengelola arsip digital akan menghambat implementasi digitalisasi bisnis era digital.  Itulah sebabnya, perusahaan perlu memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mempercepat proses adaptasi dengan model bisnis era digital. Pelatihan ini akan membantu mereka untuk memahami dengan lebih baik terkait cara kerja sistem digital dan berbagai fitur pendukungnya.

Tim Profesional

Beberapa perusahaan terkadang kesulitan untuk menjalankan berbagai adaptasi bisnis era digital di atas. Faktor keterbatasan waktu serta SDM yang kompeten di bidang digitalisasi menjadi permasalahan yang paling sering ditemui. Perusahaan tidak dapat mengadakan pelatihan maupun menunjuk tim khusus karena beban kerja mereka yang sudah besar, atau bahkan tidak ada karyawan yang memahami bagaimana proses digitalisasi berjalan.

Dalam hal ini, menggunakan jasa profesional untuk mendampingi proses dan adaptasi digitalisasi perusahaan menjadi pilihan yang solutif. Dengan tips ini, perusahaan dapat langsung memanfaatkan jasa tim profesional dari pihak eksternal kapanpun diperlukan. Misalnya, untuk kebutuhan digitalisasi arsip, perusahaan Anda dapat memanfaatkan layanan jasa kearsipan PrimaDoc. 

Selain menyediakan aplikasi penyimpanan arsip digital, PrimaDoc juga menyediakan beragam layanan kearsipan lainnya. Didukung oleh tim yang berkompeten di bidang kearsipan dengan sertifikasi ANRI. Tim kearsipan PrimaDoc siap untuk membantu mewujudkan sistem manajemen arsip digital di perusahaan Anda. Hubungi tim marketing PrimaDoc untuk informasi selengkapnya! (Septiani)

Similar Posts