103_Tingkatkan Profesionalitas Kantor Hukum dengan Data Hukum yang Terkelola

Tingkatkan Profesionalitas Kantor Hukum dengan Data Hukum yang Terkelola

Data hukum yang dimiliki oleh kantor hukum merupakan aset penting yang perlu dikelola dan dilindungi dengan baik, sehingga dibutuhkan solusi yang tepat. Akan tetapi, belum semua orang yang bekerja di kantor hukum mengetahui tentang solusi terbaik untuk membantu pengelolaan dokumen yang dimiliki.

Untuk itu, informasi mengenai peningkatan profesionalitas kantor hukum dengan bantuan pengelolaan dokumen yang tepat perlu Anda ketahui. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Apa itu Data Hukum?

Menurut Kristanto, data merujuk pada fakta mentah tentang suatu objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian atau uncertainty mengenai suatu kejadian dan keadaan. Sementara itu, hukum dapat dijelaskan sebagai peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi yang dibuat untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, dan juga mencegah terjadinya kekacauan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data hukum merupakan fakta mentah yang berisikan fakta terkait hukum yang berlaku di wilayah administrasi tertentu. Contohnya, data hukum terkait tindak pidana atau juga perdata di Jakarta.

Mengapa Data Hukum Perlu Dikelola dengan Baik?

Pada umumnya, data hukum merupakan aset yang dimiliki oleh institusi hukum, baik itu pengadilan dan juga kantor hukum yang memiliki kepentingan terhadap suatu peristiwa. Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengapa data hukum yang dimiliki oleh kantor hukum sangat penting untuk dikelola, meliputi:

 

  • Menjaga keutuhan informasi

 

Tanpa adanya sistem pengelolaan dokumen yang tepat, data hukum menjadi lebih sulit untuk ditemukan kembali. Apalagi jika pengelolaan masih dilakukan secara konvensional, tentunya hal ini dapat menurunkan efisiensi penggunaan data yang dibutuhkan. Padahal data tersebut sangat krusial, mengingat isinya berhubungan dengan sanksi hukuman yang dijatuhkan kepada klien Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memiliki sistem pengelolaan yang tepat untuk menjaganya dari risiko kehilangan dan kerusakan.

 

  • Membantu pengambilan keputusan

 

Dalam praktik hukum, tentunya kantor hukum perlu menganalisa data hukum untuk menentukan tindakan dan keputusan yang perlu diambil pada proses peradilan. Keberadaan sistem pengelolaan dokumen yang baik dapat mempermudah proses tersebut, dengan cara mencari dokumen yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan juga akurat. 

 

  • Manajemen waktu dalam bekerja

 

Selain menjaga keutuhan informasi dan membantu pengambilan keputusan, keberadaan sistem pengelolaan data hukum juga dapat membantu Anda dalam manajemen waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah kasus. Dengan begitu, efisiensi penggunaan data dapat tercapai dan kasus yang dikerjakan oleh kantor hukum yang Anda kelola menjadi lebih optimal.

 

  • Menciptakan SOP kearsipan yang tepat

 

Perlu Anda ketahui, tidak semua kantor hukum memiliki sistem pengelolaan dokumen dan data yang baik, sehingga standar operasi dan prosedur (SOP) menjadi kacau. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda telah memiliki sistem pengelolaan data hukum yang mumpuni. Dengan adanya sistem tersebut, Anda dapat mengatur SOP untuk peminjaman dan pengembalian dokumen agar dapat dipatuhi seluruh karyawan dari berbagai departemen.

Solusi Pengelolaan Data Hukum untuk Lawyer 

Setelah mengetahui tentang alasan mengenai pentingnya pengelolaan data hukum, tentunya Anda butuh mengetahui solusi untuk pengelolaan data yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan Document Management System (DMS), yang memungkinkan Anda untuk mengelola data secara digital. Pemerintah melalui Pasal 6 UU ITE juga telah menyatakan bahwa “dokumen elektronik kedudukannya disetarakan dengan dokumen yang dibuat di atas kertas.”

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan dokumen digital dengan cara melakukan alih media dokumen pada seluruh data hukum yang dimiliki. PrimaDoc juga menyediakan solusi aplikasi DMS untuk membantu kantor hukum Anda, yang dilengkapi dengan aplikasi berbasis web browser yang dapat diakses dari mana saja, dukungan teknologi enkripsi untuk mencegah pencurian data, dan juga beragam fitur untuk membantu efisiensi penggunaan serta pengelolaan dokumen.

Selain itu, PrimaDoc juga telah berhasil lulus uji sertifikasi ISO 9001, sehingga pelayanan yang dihadirkan sudah pasti melebihi ekspektasi Anda. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi aplikasi DMS untuk data hukum Anda? Hubungi tim marketing PrimaDoc sekarang juga! (Pradana)

Similar Posts