Tahukah Anda, Jasa Kearsipan PrimaDoc Dijalankan oleh SDM bersertifikat ANRI
Arsip perusahaan harus dikelola dan dirawat dengan baik, agar informasi yang ada di dalamnya dapat digunakan untuk menunjang operasional perusahaan. Akan tetapi, ada kalanya perusahaan tidak memiliki kapasitas untuk melakukan pekerjaan kearsipan yang begitu banyak. Entah karena keterbatasan SDM atau kesibukan operasional lainnya. Padahal membiarkan arsip perusahaan tercecer dan menumpuk tidak terurus bukanlah pilihan bijak. Manajemen harus mencari cara agar bisa mengatasi permasalahan pengelolaan arsip tersebut.
Jika biasanya manajemen cenderung berpikir untuk melakukan rekrutmen karyawan baru, kini perusahaan dapat mengambil solusi yang lebih efektif dan efisien, yaitu dengan menggunakan jasa kearsipan yang profesional. Namun mengingat bahwa arsip perusahaan merupakan aspek yang sangat penting dan dapat mempengaruhi operasional perusahaan, manajemen tidak boleh memilih penyedia jasa kearsipan secara sembarangan. Manajemen tetap harus melihat kualifikasi dan profesionalisme SDM agar arsip perusahaan dikelola dengan optimal sesuai prosedur yang ditetapkan.
Salah satu tolak ukur sebuah jasa kearsipan memiliki kualifikasi yang baik dapat dilihat dari layanan dan kualifikasi SDMnya. Alasanya sederhana, SDM merupakan pihak yang nantinya akan mengelola arsip penting perusahaan Anda. Itulah sebabnya, memperhatikan kualifikasi SDM dari penyedia jasa pengelolaan arsip menjadi sangat penting.
Salah satu cara untuk menilai kualifikasi SDM dari penyedia jasa kearsipan adalah dengan melihat apakah mereka sudah memiliki sertifikasi ANRI atau belum. PrimaDoc merupakan contoh penyedia jasa kearsipan yang memiliki layanan kearsipan lengkap dan dijalankan oleh SDM bersertifikat ANRI.
Apa Itu Sertifikat ANRI?
Untuk memahami urgensitas sertifikasi ANRI pada SDM penyedia jasa kearsipan, Anda perlu mengetahui apa itu sertifikasi ANRI. Seperti namanya, ANRI dikeluarkan oleh lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia, yaitu lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang kearsipan. Salah satu tugas dari ANRI adalah memberikan sertifikasi kepada pihak-pihak yang dianggap kualitatif dalam mengelola arsip dengan baik.
Sertifikasi ANRI merupakan simbol pengakuan dari lembaga tersebut bahwa pihak yang menerima sertifikat telah memiliki kompetensi yang baik dalam bidang pengelolaan arsip. Dalam memberikan sertifikasi, ANRI sebagai lembaga nasional tentu tidak sembarangan. Terdapat berbagai tahap penilaian dan seleksi yang ketat dengan standar tertentu untuk dapat memutuskan apakah suatu lembaga ataupun pihak tertentu layak untuk diberikan sertifikat atau tidak. Itulah sebabnya, sertifikasi ANRI dapat menjadi salah satu indikator utama dalam menilai apakah suatu penyedia jasa kearsipan memiliki kualifikasi dan kemampuan pengelolaan arsip perusahaan yang baik atau tidak.
Apa Pengaruhnya Jika SDM PrimaDoc Sudah Bersertifikat ANRI
Ketika Anda menunjuk sebuah penyedia jasa kearsipan untuk mengelola arsip perusahaan, maka sama halnya Anda telah mempercayai urusan pengelolaan arsip perusahaan sepenuhnya. Dengan asumsi arsip perusahaan memiliki kedudukan yang penting dalam menjamin kelancaran operasional perusahaan, bahkan beberapa arsip mengandung informasi yang sangat penting bagi kegiatan usaha perusahaan, Anda tentu tidak ingin pengelolaannya dikerjakan secara asal-asalan dengan hasil yang tidak memuaskan.
Untuk mendapatkan jaminan hasil yang baik, sangat penting untuk melihat apakah jasa kearsipan yang akan Anda tunjuk telah memiliki sertifikasi ANRI atau tidak. Seperti halnya SDM PrimaDoc yang telah tersertifikasi ANRI, kompetensinya telah diakui dalam menangani berbagai aktivitas pengelolaan arsip. Pengakuan resmi dari lembaga ANRI menjadi jaminan bahwa arsip perusahaan Anda akan dikelola secara efektif sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
Dengan dukungan tim PrimaDoc yang berkompeten, perusahaan Anda dapat memperoleh jaminan hasil kerja yang optimal tanpa perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk pelatihan. Anda juga dapat mempercayakan urusan pengelolaan arsip tanpa rasa khawatir. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu atau berpikir dua kali untuk menyerahkan urusan pengelolaan arsip perusahaan kepada PrimaDoc.
Jasa kearsipan yang tersedia di PrimaDoc mulai dari layanan konsultasi, pemeliharaan arsip, alih media arsip hingga pengadaan sarana prasarana pendukung manajemen arsip. Anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus penyimpanan arsip digital PrimaDoc untuk memperoleh dukungan teknologi agar manajemen arsip perusahaan semakin optimal.
Tertarik untuk berdiskusi lebih jauh tentang berbagai layanan kami? Hubungi tim marketing PrimaDoc untuk informasi selengkapnya! (Septiani)