Sistem Penyimpanan Arsip Terbaik untuk Menjaga Kepercayaan Nasabah Era Digital

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, keberadaan sistem penyimpanan dokumen nasabah era digital bagi perusahaan menjadi lebih penting, khususnya untuk menyelesaikan berbagai masalah terkait akurasi dan juga kecepatan transaksi. Meskipun begitu, belum semua bank mengetahui pentingnya sistem ini. Dampaknya, bank dengan teknologi dan sumber daya manusia terbatas tidak dapat berkembang layaknya bank yang telah established di Indonesia.

Oleh karena itu, keberadaan penyimpanan dokumen nasabah era digital penting diketahui, khususnya bagi bank berskala kecil hingga menengah yang berniat untuk melakukan revolusi agar dapat berkembang pesat. Bagaimana caranya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengenal Penyimpanan Dokumen Nasabah Di Era 4.0

Di tengah pandemi COVID-19 yang telah memasuki tahun kedua, industri perbankan juga dipaksa untuk berubah dengan cepat, sehingga menghasilkan transformasi besar-besaran untuk setiap komponen operasional yang dimiliki. Tidak terkecuali dengan sistem penyimpanan dokumen nasabah era digital, yang telah banyak berubah dibandingkan dengan masa sebelumnya.

Adapun beberapa perbedaan tersebut ditandai dengan beberapa hal, meliputi:

1. Mesin mengambil peran hingga 25% dari keseluruhan proses perbankan

Perkembangan teknologi otomasi yang semakin maju telah memberikan dampak yang signifikan bagi penyimpanan dokumen nasabah era digital. Semakin banyak bank yang beralih menggunakan Document Management System (DMS) untuk mempermudah proses pengelolaan dokumen digital. Dengan begitu, fungsi kerja dari karyawan dapat difokuskan pada hal yang lebih tinggi seperti pengaturan kebijakan strategis dan juga menambah nasabah baru.

2. Makin banyak bank yang mengurangi jumlah kantor

Jika sebelumnya bank berfokus pada kehadiran kantor fisik untuk pelayanan nasabah, kini banyak bank yang mulai mengurangi jumlah kantor representatif yang dimiliki. Salah satu contoh yang signifikan terdapat di Amerika Serikat, sejak tahun 2013 industri perbankan di negara tersebut mengurangi jumlah kantor hingga 1.300 cabang hingga tahun 2019 yang lalu.

Tentunya hal ini juga berdampak pada pola penyimpanan dokumen nasabah era digital. Bank tidak lagi dapat mengandalkan dokumen fisik semata, mengingat lahan yang tersedia juga terbata. Dengan begitu, kehadiran server dan juga sistem informasi untuk menampung data nasabah yang kompleks sangatlah diperlukan.

3. Langkah mitigasi risiko yang lebih aman dan dapat diandalkan

Perbedaan sistem penyimpanan dokumen nasabah era digital juga dapat terlihat melalui langkah mitigasi untuk menghadapi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Jika sebelumnya bank konvensional cenderung menyiapkan tempat penyimpanan dokumen yang tahan terhadap bencana atau juga tindak pencurian, maka di era 4.0 ini institusi perbankan semakin fokus pada penyediaan sistem enkripsi untuk menjamin keamanan data dari peretasan dan juga backup data nasabah pada berbagai media penyimpanan.

Solusi Penyimpanan Dokumen Nasabah Era Digital

Bagi Anda yang masih mengandalkan dokumen fisik dalam operasional bank sehari-hari, maka mempertimbangkan untuk beralih menggunakan sistem informasi untuk membantu penyimpanan dokumen nasabah era digital juga sangat disarankan. Saat ini ada banyak vendor yang menyediakan solusi berupa aplikasi DMS yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah PrimaDoc.

PrimaDoc menyediakan aplikasi Document Management System (DMS) yang dapat Anda andalkan, dengan kelebihan utama berupa kemampuan aplikasi agar dapat diakses dari mana saja, tanpa memerlukan aplikasi khusus yang diinstal pada perangkat komputer atau juga laptop. Selain itu, PrimaDoc juga telah dilengkapi dengan sistem enkripsi terbaru, sehingga penyimpanan dokumen nasabah era digital menjadi lebih terjamin. Bahkan PrimaDoc juga telah memiliki sertifikat ISO 9001, karena berhasil menyediakan layanan yang memuaskan klien dari berbagai industri.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk beralih menggunakan aplikasi PrimaDoc. Jangan sampai Anda tertinggal dengan bank lain yang telah lebih dulu memiliki sistem penyimpanan dokumen nasabah era digital yang dapat mendukung produktivitas bisnisnya. Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts