4 Pertimbangan Perusahaan Saat Memilih Partner Perusahaan Logistik

Bisnis jasa logistik menjadi salah satu sektor usaha yang terus mengalami perkembangan sejak pandemi Covid-19 menyebar pada awal tahun 2020. Sebagaimana paparan pada ithb.ac.id, data yang dirilis oleh lembaga survei Redseer pada bulan November 2020, industri jasa logistik mengalami pertumbuhan yang signifikan, yaitu mencapai 400% lebih tinggi hanya dalam jangka waktu satu tahun pertama setelah pandemi terjadi. Hal tersebut tidak terlepas dari semakin tingginya angka transaksi online yang terjadi serta semakin banyaknya perusahaan yang secara khusus memilih partner perusahaan logistik.

Prospek bisnis yang begitu besar mendorong banyak pelaku bisnis yang terjun ke dalam bisnis logistik. Meskipun nilai penggunaan jasa logistik dipercaya akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu, persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Untuk dapat terus bertahan dan memenangkan persaingan, pelaku bisnis logistik harus mencari cara untuk meningkatkan nilai bisnis mereka.

Peluang Bisnis Logistik

Tidak dapat dipungkiri, e-commerce menjadi alasan utama yang menyebabkan meroketnya penggunaan jasa logistik. Dilansir dari industri.kontan.co.id, 85,2% pengguna jasa logistik atau kurir diperuntukan untuk mengirimkan barang yang dibeli dari e-commerce. Sebagaimana yang diketahui, bisnis e-commerce khususnya pada industri ritel sangat bergantung pada perusahaan logistik untuk pengiriman barang kepada konsumen.

Ketergantungan operasional bisnis e-commerce terhadap jasa logistik membuka peluang bagi perusahaan logistik untuk menjadi partner bisnis penyedia jasa pengiriman. Sebenarnya bukan hanya industri e-commerce saja, banyak juga sektor industri lainya yang membutuhkan jasa logistik. Tidak jarang, mereka memilih partner perusahaan logistik yang terpercaya untuk dijadikan rekanan bisnis.

Bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang secara rutin membutuhkan kegiatan logistik menjadi peluang yang sangat besar. Untuk dapat meraih peluang tersebut, pelaku bisnis logistik harus dengan cermat memahami dan menawarkan pertimbangan-pertimbangan ketika memilih partner perusahaan logistik.

Pertimbangan Memilih Partner Perusahaan Logistik

Perusahaan logistik yang menargetkan untuk mendapatkan kepercayaan perusahaan pengguna jasanya, perlu memperhatikan beberapa faktor utama yang seringkali dipertimbangkan oleh perusahaan saat memilih partner perusahaan logistik. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Ketepatan waktu

Setiap perusahaan yang menggunakan jasa logistik tentu menginginkan layanan distribusi barang yang dapat membantu perusahaan untuk memaksimalkan jalur supply chain agar pengiriman barang dapat sampai dengan cepat. Hal ini membuat ketepatan waktu pengiriman menjadi salah satu aspek utama yang sering dipertimbangkan perusahaan saat memilih partner logistik. Perusahaan akan selalu memperhatikan track record perusahaan logistik, apakah konsisten menjaga komitmen untuk selalu tepat waktu atau tidak dalam pengirimannya.

2. Kelengkapan layanan

Sebagaimana pada preferensi pembelian secara umum, layanan seringkali menjadi hal yang sangat diperhatikan. Hal tersebut juga terjadi saat memilih partner logistik. Meskipun layanan bersifat tambahan, namun semakin lengkap akan semakin disukai. Terlebih layanan yang membuat proses administrasi logistik menjadi semakin praktis dan mudah. 

3. Keamanan

Selain faktor kecepatan, jaminan keamanan barang selama proses pengiriman juga menjadi salah satu aspek yang seringkali dipertimbangkan perusahaan dalam memilih partner logistik. Selain dapat menerima barang dengan cepat, perusahaan tentu berharap barang dapat diterima dengan keadaan yang baik dan utuh. Itulah mengapa faktor keamanan juga selalu menjadi pertimbangan mereka dalam memilih partner perusahaan logistik. 

4. Penyimpanan dan teknologi pelacakan

Tracking system, atau fitur pelacakan barang menjadi salah satu aspek yang penting dalam sebuah jasa logistik. Pelanggan tentu ingin mengetahui perkembangan proses pengiriman barang mereka. Itulah sebabnya, memiliki teknologi pelacakan barang digital yang mudah dan handal menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan.

Saat ini juga telah tersedia beragam teknologi digital untuk mendukung kinerja perusahaan, salah satunya penyimpanan dokumen berbasis digital. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan berbagai aktivitas pengelolaan dokumen secara digital. Misalnya seperti menyimpan, mencari ulang, mengirim dokumen, dan lain-lain. 

Perusahaan hanya perlu menghubungi tim dari vendor profesional yang menyediakan aplikasi penyimpanan arsip digital seperti PrimaDoc. Selain mudah dioperasikan, PrimaDoc juga didukung oleh beragam fitur yang semakin memudahkan proses pengelolaan dokumen seperti fitur manajemen arsip aktif dan inaktif.

Tentu saja, Anda dapat menghubungi tim marketing PrimaDoc untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang fitur-fitur canggih lainnya! (Septiani)

Similar Posts