IKEA Hadirkan Pengalaman Berbelanja Baru dengan Virtual Tour
Apakah Anda telah mengetahui bahwa IKEA menghadirkan pengalaman berbelanja baru?
Meskipun sebenarnya hal ini sudah dirilis sejak tahun 2017, namun ternyata strategi pemasaran ini masih belum banyak diketahui di Indonesia. Pertama, karena memang strategi ini baru diterapkan di beberapa negara seperti Australia dan Swedia. Kedua, teknologinya juga belum banyak diterapkan dalam pemasaran.
IKEA menghadirkan teknologi Virtual Reality sebagai hasil kerjasamanya dengan SCANN3D. Pelanggan dapat memanfaatkannya untuk merasakan pengalaman berbelanja berbasis digital yang menampilkan berbagai produk IKEA secara virtual. Seperti apa sebenarnya strategi pemasaran tersebut? Silakan menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini!
Tentang Toko Virtual IKEA
Sebelumnya, pelanggan akan melihat-lihat sambil berkeliling store IKEA untuk menemukan produk yang mereka butuhkan. Sekarang, proses itu menjadi kian menarik karena pelanggan dapat menjelajahi toko virtual. Pelanggan dapat melihat berbagai produk IKEA melalui kacamata VR yang digunakannya, seakan-akan semua produk itu benar-benar di depannya.
Kacamata VR mungkin lebih sering kita lihat digunakan oleh para gamer VR untuk merasakan area permainan yang lebih ‘riil’. Mereka akan merasakan seolah sedang bermain dengan anggota tubuhnya. Karena setiap pergerakan yang dilakukan akan berpengaruh terhadap dunia virtual yang dilihatnya melalui kacamata.
Pengalaman berbelanja dibuat semakin menarik oleh pihak IKEA dengan menyediakan pilihan bagi pelanggan untuk mengubah posisi perabot dan warnanya. Sesuatu yang selama ini mungkin tidak selalu mudah dilakukan saat berbelanja di store offline. Terutama untuk furniture dengan ukuran besar seperti lemari, lebih sulit untuk menyediakan setiap versi warna sekaligus.
Virtual Tour Toko Online
IKEA tidak cukup puas dengan membuat toko online seperti halnya situs retail pada umumnya. Mereka juga menerapkan teknologi digital yang hampir sama ke dalam toko onlinenya. Pelanggan yang tidak mengunjungi offline store IKEA, dapat merasakan pengalaman berbelanja yang menarik melalui fitur Virtual Tour.
Saat menggunakan fitur ini, pelanggan akan merasakan sensasi yang mirip seperti saat menjelajahi Google Streetview. Pelanggan dapat ‘berkeliling’ di ruangan, mendekati satu persatu perabot dan mempelajari keterangan spesifikasi yang muncul saat diklik. Bukan hanya memberikan proses yang lebih menyenangkan, pelanggan pun juga dapat memperoleh gambaran ukuran perabot saat berjajar dengan perabot lain.
Efektivitas Strategi Virtual
Menjual furniture melalui teknologi berbasis digital dianggap sebagian orang tidak cukup efektif. Orang-orang umumnya ingin menyentuh secara langsung perabot yang ingin dibelinya. Mereka ingin mengetahui bagaimana bahannya dan ukurannya secara riil. Selain itu, penataan furnitur di toko bersama dengan perabotan lain, juga dapat memberikan inspirasi bagi pelanggan untuk penataannya saat diletakkan di rumahnya.
Meskipun demikian, sebagian ahli di bidang retail menganggap bahwa strategi digital patut dicoba, termasuk untuk retail perabot rumah tangga. Bahkan ketika ternyata strategi itu tidak membawa pengaruh seperti yang ditargetkan, pada akhirnya tetap membawa atensi kepada brand. Pemanfaatan teknologi baru, khususnya yang masih langka, akan membangun citra yang lebih unggul dibanding pesaing.
Mengadopsi Strategi Digitalisasi
Transformasi unik seperti yang dijalankan oleh perusahaan IKEA biasanya akan menarik perusahaan ritel lain untuk mengadopsinya. Apalagi jika ternyata strategi itu sukses, akan lebih mudah untuk meniru dibandingkan dengan menciptakan strategi baru. Perusahaan lain akan berusaha untuk menganalisa apakah memang cara IKEA efektif untuk mereka jalankan.
Satu hal yang pasti, sebagai perusahaan retail yang ingin mengetahui efektivitas strategi transformasi digital, perlu memastikan setiap elemen pendukungnya terpenuhi. Salah satu hal mendasar yang harus Anda lakukan adalah penyimpanan dokumen berbasis digital yang berkualitas. Selain didukung dengan sistem keamanan yang handal, penyimpanan juga harus mampu membuat proses pengelolaan menjadi lebih cepat dan fleksibel.
Teknologi digital disukai karena kecepatannya dan kepraktisannya. Orang-orang akan lebih menikmati pengalaman berbelanja ketika didukung oleh sistem digital yang prima. Penyimpanan dokumen berbasis digital akan mendukung perusahaan Anda untuk mewujudkannya bagi pelanggan. Selain memenuhi sisi praktis karena dokumen tersimpan di satu tempat, juga memenuhi aspek kecepatan (untuk diakses) kapanpun diperlukan.
Anda dapat memperoleh dukungan terbaik untuk hal itu dari PrimaDoc. Penyedia penyimpanan dokumen berbasis digital yang memungkinkan setiap arsip dapat ditemukan lebih cepat dan mudah. Penyimpanan juga didukung dengan fitur enkripsi yang lebih menjamin bagi keamanan data perusahaan yang penting.
Anda dapat menghubungi tim marketing PrimaDoc untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur-fitur menariknya! (Pradana)