Rencana Induk Arah kebijakan SPBE

Saat ini, mewujudkan SPBE di instansi Anda menjadi sebuah kewajiban. Untuk itu, ketahui pentingnya kebijakan SPBE dan domain-domainnya.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan sistem yang lebih transparan, terintegrasi, dan efisien. Oleh karenanya arsitektur dan kebijakan SPBE sangat mengarah ke reformasi birokrasi.

SPBE sendiri terdiri dari empat domain di dalam implementasinya. Tiap instansi maupun pemerintah daerah yang ingin mengintegrasikan SPBE  dapat menentukan domain mana yang perlu difokuskan terlebih dahulu. Domain apa saja itu?

4 Domain SPBE

Kebijakan SPBE perlu menyentuh empat domain utama dari SPBE. domain adalah area pelaksanaan SPBE esensial dan menjadi penentu tingkat kematangan. Domain ini pula yang menjadi poin di dalam proses evaluasi dan menentukan tingkat kematangan sistem. Domain-domain tersebut di antaranya adalah:

  1. Tata kelola

Domain tata kelola meliputi hal-hal terkait kebijakan SPBE sebagai kerangka dasar penerapannya. Aspek-aspeknya meliputi: Rencana induk SPBE, proses bisnis, anggaran dan belanja SPBE, dan data dan informasi elektronik 

  1. Layanan SPBE

Domain ini mencakup aspek-aspek fungsi dan peran SPBE dalam mengoptimalkan layanan, baik layanan administrasi dan kepegawaian hingga layanan publik. Aspek tersebut di antaranya adalah: layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik, dan layanan publik berbasis elektronik.

  1. Teknologi informasi dan komunikasi

Domain berikutnya mencakup hal-hal seputar infrastruktur dan sistem elektronik SPBE yang diimplementasikan. Mulai dari akses intra maupun internet, hingga keamanan data. Lebih spesifiknya, domain ini terdiri dari aspek penyediaan pusat data terpadu, jaringan intra pemerintah, sistem penghubung layanan pemerintah, aplikasi layanan SPBE serta keamanan informasi pemerintah. 

  1. Sumber daya manusia

Domain yang terakhir  berkaitan dengan kapasitas dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki instansi dalam manajerial SPBE. aspek-aspek yang termasuk di dalamnya adalah kompetensi SDM di bidang proses bisnis pemerintahan, arsitektur SPBE, data dan informasi, keamanan SPBE, aplikasi SPBE, kebijakan SPBE, dan infrastruktur SPBE.

Pentingnya dukungan vendor tata kelola digital dan kearsipan untuk akselerasi 

Dukungan vendor tata kelola digital dan kearsipan sangat penting dalam peralihan sistem analog ke digital dengan basis kebijakan SPBE. Vendor-vendor ini memiliki peran sentral dalam membantu pemerintah mengelola dan memanfaatkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik.

Bentuk dukungan yang diberikan oleh pihak ketiga seperti vendor dapat berupa penyediaan solusi perangkat keras dan perangkat lunak yang telah teruji dan sesuai dengan kebutuhan pemerintah dalam mengelola data dan dokumen secara elektronik. Vendor seperti PrimaDoc memiliki pengetahuan mendalam tentang praktik terbaik dalam manajemen arsip elektronik dan membantu pemerintah dalam memilih, mengimplementasikan, dan memelihara teknologi yang diperlukan.

Kedua, vendor kearsipan membantu dalam pengembangan sistem penyimpanan dan manajemen arsip elektronik yang memadai. Mereka memahami pentingnya menjaga keamanan, aksesibilitas, dan integritas dokumen elektronik, terutama dalam konteks SPBE dan kebijakan SPBE yang menuntut transparansi dan akuntabilitas.

Dengan dukungan vendor, instansi Anda dapat fokus pada tugas-tugas inti tanpa harus terlalu khawatir tentang aspek teknis SPBE. Lebih jauhnya, Anda dapat fokus berperan sebagai pengawas dan evaluator implementasi SPBE agar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan standar regulasi dan kebijakan SPBE yang berlaku.

Dalam dunia yang semakin tergantung pada teknologi, kemitraan dengan vendor tata kelola digital dan kearsipan adalah langkah yang bijaksana untuk memastikan keberhasilan transformasi SPBE dan meningkatkan pelayanan publik secara keseluruhan. Jadi, mengapa tidak memulai dari sekarang? Hubungi tim primaDoc untuk berkonslutasi lebih jauh mengenai kebutuhan SPBE instansi Anda, dan dapatkan layanan digitalisasi kearsipan terbaik. (Deanita)

Similar Posts