Capai SPBE Terintegrasi dengan 3 Cara Ini!

Memiliki sistem SPBE terintegrasi menjadi keharusan bagi instansi pemerintah demi mencapai sistem kerja yang terorganisir. Bagaimana cara penerapan Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik (SPBE) yang tepat? Berikut tips dari PrimaDoc.

Penyediaan data dan informasi yang terintegrasi dan berkualitas sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam berbagai hal. Misalnya saja seperti pengambilan keputusan, penyusunan kebijakan, dan penyusunan program kegiatan. 

Sebagai bagian dari sistem pemerintahan yang akan segera dibuat terpusat melalui adanya SPBE terintegrasi, instansi di tempat Anda memiliki keperluan dan kebutuhan untuk proaktif mewujudkan penyediaan data tersebut. Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya? Berikut pembahasannya. 

Apa itu SPBE terintegrasi?

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis digital. Berdasarkan pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018, sistem ini dijalankan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dapat mewadahi kegiatan administrasi, pelayanan publik, hingga kearsipan. 

Melalui SPBE terintegrasi, nantinya data dan informasi dari seluruh penjuru indonesia akan disimpan di dalam penyimpanan terpusat yang saling terintegrasi. Pusat Data Nasional (PDN) sebagai tempat penyimpanan, dapat memperkuat SPBE dan kaitannya dalam merealisasikan transformasi digital. Jejak birokrasi yang terkumpul nantinya akan menjadi sumber pengetahuan, sumber sejarah, dan sumber pengambilan kebijakan yang memperkuat bangsa dan negara. 

Namun, pada realisasinya, hal ini masih dihadapkan pada berbagai tantangan. Salah satu kendala yang paling esensial adalah belum meratanya penerapan SPBE di instansi pemerintah maupun pemerintahan daerah. 

3 Strategi untuk mewujudkan SPBE terintegrasi

  1. Terapkan manajemen data terpadu

Manajemen data yang terpadu mencakup pengumpulan, penyimpanan, pengamanan, dan penggunaan data organisasi. Manajemen data yang disimpan ke dalam sistem SPBE perlu diolah terlebih dahulu untuk menyamakan format file, serta indeksasi yang sesuai ketentuan. Hal ini bertujuan agar penyimpanan lebih teratur dan mempermudah proses pencarian saat dibutuhkan. 

Pengaplikasian SPBE terintegrasi ini tentu saja dapat diserahkan seluruhnya kepada vendor pengelola dokumen dan arsip terpercaya, maupun secara berkolaborasi dengan pegawai arsiparis instansi. Di dalam hal ini, PrimaDoc Anda dapat memilih layanan alih daya kearsipan ataupun alih media arsip

  1. Manajemen keamanan informasi data yang terpadu

Keamanan informasi yang terpadu mencakup semua kebijakan, alat, dan prosedur yang meningkatkan kegunaan dokumen dalam batas-batas hukum dan peraturan. Sederhananya, sistem keamanan informasi data yang terpadu merupakan sistem yang secara bersama-sama mampu mengelola semua aspek keamanan organisasi berkat adanya keterhubungan antara satu domain dengan domain lainnya. 

Untuk penerapan sistem manajemen yang mengarah pada SPBE terintegrasi ini, pihak pemerintahan perlu bekerjasama dengan vendor penyedia jasa keamanan yang terbukti telah memiliki rekam jejak dan sepak terjang yang terpercaya. 

  1. Teknologi analitik data dan kecerdasan buatan

Teknologi big data dan kecerdasan buatan yang kian berkembang pesat dapat dimanfaatkan di dalam pemerintahan. Penggunaannya dapat digunakan untuk menganalisis data dan informasi yang kemudian dapat digunakan untuk kepentingan pembuatan berbagai kebijakan dan produk hukum. Untuk dapat mengoperasikannya, terlebih dahulu organisasi memerlukan sistem manajemen data dan informasi yang telah mapan. Setelah seluruh data terintegrasi dan terstruktur, barulah penerapan teknologi ini siap diuji coba. 

Nah, apabila instansi Anda sama sekali belum mulai menerapkan SPBE, tak perlu terburu-buru. Anda dapat mulai mengupayakan opsi pertama dari poin di atas untuk menuju SPBE terintegrasi. PrimaDoc dapat menjadi partner yang terpercaya dan andal untuk mendukung program tersebut. Temukan berbagai layanan kearsipan dan manajemen dokumen yang sesuai dengan kebutuhan instansi. Anda juga dapat berbicara dengan tim PrimaDoc melalui WhatsApp untuk berkonsultasi langsung. 

Miliki manajemen data dan informasi yang terintegrasi untuk transformasi digital di Indonesia! (Deanita)

Similar Posts