Document Management System Mendukung Pemerintahan Berbasis Digital
Dalam rangka menghadapi perkembangan zaman, kehadiran sistem pemerintahan berbasis digital atau e-government sangatlah dibutuhkan. Apalagi di tengah disrupsi teknologi yang menjadikan kebutuhan akan akses informasi yang lebih cepat menjadi keharusan, tentunya pemerintah harus berupaya untuk mengimbanginya dengan menghadirkan sistem tata kelola pemerintahan yang mengedepankan teknologi agar tidak tertinggal dari negara-negara lainnya.
Oleh karena itu, solusi Document Management System (DMS) untuk membantu pengelolaan arsip dokumen pemerintahan yang lebih baik perlu Anda pertimbangkan.
Apa itu sebenarnya pemerintahan berbasis digital dan bagaimana pula Document Management System mampu untuk mendukung adopsi teknologi di sektor pemerintahan? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Apa itu Sistem Pemerintahan Berbasis Digital?
Sistem pemerintahan berbasis digital atau lebih dikenal pula di lingkup pemerintahan sebagai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah sistem yang digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga percepatan pelayanan untuk kebutuhan masyarakat dapat diwujudkan.
Nantinya, keberadaan SPBE diharapkan dapat membantu tidak hanya pelayanan publik saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh aparatur sipil negara, pelaku bisnis, hingga instansi pemerintahan untuk membuka peluang yang lebih besar untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih terbuka, inovatif, partisipatif, dan juga akuntabel.
Rencana Pemerintahan Berbasis Digital Pada Tahun 2023
Menurut rilisan pers yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) pada beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia tengah berencana untuk mempersiapkan sistem pemerintahan berbasis digital pada tahun 2023.
Saat ini, Kemenkominfo telah bersiap dengan mulai mengembakan sistem informasi yang dapat digunakan untuk mewujudkan pelayanan publik yang transparan dan juga meningkatkan kualitas pengelolaan reformasi birokrasi. Beberapa di antaranya seperti aplikasi e-budgeting, e-payment, e-procurement, dan juga e-money.
Dengan kehadiran aplikasi ini, nantinya pelayanan publik diharapkan menjadi lebih cepat dan metode pembayaran secara cashless akan diadopsi lebih luas, sehingga masyarakat, bisnis, dan juga instansi pemerintahan tidak lagi perlu mempersiapkan uang tunai untuk kebutuhan pembayaran yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan.
Selain itu, pemerintah juga berencana untuk mendesain infrastruktur penyimpanan data berbasis cloud, mengingat volume data yang dikelola oleh instansi pemerintahan cukup tinggi dan kompleks.
Mengenal Solusi untuk Membantu Pemerintahan Berbasis Digital
Bagi Anda yang tidak memiliki sumber daya manusia dan teknologi yang mumpuni untuk membantu pengelolaan arsip digital yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pemerintahan berbasis digital nantinya juga diperbolehkan untuk menyerahkan proses pengelolaan arsip dokumen kepada pihak ketiga. Syaratnya, pihak ketiga yang berfungsi sebagai vendor pengelolaan arsip wajib melakukan klasifikasi data terlebih dahulu.
Oleh karena itu, kehadiran solusi aplikasi DMS dari PrimaDoc dapat membantu Anda untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan berbasis digital. Dengan adanya solusi inovatif berbasis teknologi ini, nantinya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:
- Pengelolaan dokumen yang lebih praktis, karena seluruh dokumen pemerintahan tersimpan secara digital, maka Anda tidak lagi membutuhkan kertas dan printer untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak, sehingga anggaran yang dibutuhkan juga dapat diminimalisir.
- Pembuatan kebijakan yang lebih cepat efisien, karena penemuan kembali informasi dapat dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword), maka informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan untuk proses pembuatan kebijakan juga menjadi lebih cepat.
- Dokumen lebih aman dari bahaya peretasan, karena aplikasi DMS dari PrimaDoc telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi terkini, sehingga pihak yang tidak memiliki hak akses dokumen tidak akan mampu membuka informasi pemerintahan yang tersimpan di server.
- Maintenance yang lebih cepat dan mudah, PrimaDoc juga menyediakan tim online maintenance yang siap membantu Anda kapan pun dibutuhkan, tanpa perlu mengunjungi lokasi yang memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.
Jadi, tidak perlu ragu lagi dengan solusi aplikasi DMS dari PrimaDoc untuk membantu Anda dalam menghadirkan pemerintahan berbasis digital yang lebih baik. Hubungi tim marketing PrimaDoc sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)