DMS, Kunci Masa Depan Industri Logistik

DMS, Kunci Masa Depan Industri Logistik

Masa depan industri logistik diramalkan akan menjadi sepenuhnya digital, mulai dari front end hingga back end bisnisnya. Sudahkah bisnis Anda mempersiapkannya?

Jika jawabannya “belum”, maka sudah saatnya Anda menyusun strategi yang tepat agar transformasi digital perusahaan logistik yang dikelola berlangsung dengan lancar dan tepat sasaran. Dengan adanya strategi ini, nantinya Anda lebih siap menghadapi kompetisi masa depan di mana semuanya sudah sepenuhnya digital.

Bagaimana langkah awal agar masa depan industri logistik dapat kita sambut dengan baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Masa Depan Industri Logistik Dimulai dari Kearsipan Perusahaan

Pada banyak kasus, masih banyak ditemui perusahaan yang bergerak di industri logistik dan juga industri lainnya yang menganggap enteng proses kearsipannya. Padahal pengelolaan arsip dan juga dokumen merupakan kunci agar masa depan industri logistik yang sudah serba digital dapat dijalani dengan lebih efisien dan efektif.

Untuk dapat berkompetisi dengan perusahaan logistik lainnya, tentu kecepatan pengiriman data dan informasi sangatlah krusial. Hal ini hanya dapat dilakukan jika sistem pengelolaan arsip konvensional yang Anda gunakan diubah menjadi sepenuhnya digital.

Pengelolaan arsip digital sangat penting dalam menghadapi masa depan industri logistik karena memiliki beberapa kelebihan utama, meliputi:

 

1. Menghemat waktu pengiriman dokumen

 

Perusahaan logistik dengan manajemen waktu terbatas dapat memanfaatkan pengelolaan dokumen digital dalam menghemat waktu, khususnya waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman dokumen fisik yang bisa mencapai berhari-hari.

Dengan adanya solusi seperti Document Management System (DMS), kecepatan pengiriman dokumen pastinya akan ikut meningkat. Hanya dalam hitungan detik saja, maka informasi yang dibutuhkan oleh cabang perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia dapat segera diterima.

 

2. Memudahkan kolaborasi antar departemen

 

Kolaborasi merupakan ‘jantung’ dari perusahaan logistik. Tanpa adanya hal ini, perusahaan akan sulit berinovasi dan berkembang pesat. Untuk itu, kehadiran aplikasi DMS untuk mengelola dokumen secara digital dapat menjembatani ide dan juga gagasan yang dikeluarkan setiap departemen agar operasional bisnis yang dijalankan dengan lebih mudah.

Masa depan industri logistik yang sudah sepenuhnya digital juga bergantung pada kolaborasi, sehingga solusi pengelolaan dokumen digital tidak lagi dapat menjadi opsi tetapi keharusan, agar budaya kerjasama yang bertumpu pada kerja kolektif berbasis kolaborasi dapat tercipta.

 

3. Temu kembali informasi yang lebih mudah

 

Masa depan industri logistik yang erat kaitannya dengan kecepatan data sharing mengharuskan temu kembali informasi dapat dilakukan dengan cepat. Untuk mencapainya, maka Anda perlu mempertimbangkan solusi aplikasi DMS dalam pengelolaan dokumen digital yang akan diadopsi.

Dengan adanya temu kembali informasi yang lebih mudah dengan dukungan aplikasi DMS, nantinya pengambilan keputusan yang berhubungan dengan strategi perusahaan juga dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini sangat penting, agar perusahaan Anda tidak ketinggalan dari kompetitor.

Solusi Aplikasi DMS yang Tepat untuk Perusahaan Logistik

Tidak semua perusahaan logistik telah dilengkapi dengan sumber daya intelektual, manusia, dan kapital yang besar untuk mengimplementasikan Document Management System sendiri.

Jika Anda adalah salah satunya, maka jangan khawatir. Kini PrimaDoc hadir dengan solusi aplikasi DMS siap pakai yang dikembangkan khusus untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan arsip digital bagi masa depan industri logistik.

Dengan dilengkapi fitur lengkap mulai dari indexing berdasarkan kata kunci (keyword), penulisan judul dan deskripsi konten, pengaturan jadwal retensi dokumen, hingga pengajuan otentikasi informasi kepada pimpinan departemen atau juga perusahaan dapat Anda temukan pada aplikasi PrimaDoc.

Tidak hanya itu, PrimaDoc juga memiliki aplikasi web based yang memungkinkan akses dokumen dilakukan melalui browser biasa, tanpa perlu instalasi khusus pada komputer atau laptop. Keleluasaan ini sangat penting untuk menghadapi masa depan industri logistik, karena Anda dapat melakukan monitoring dokumen dari mana saja dan kapan saja.

Jadi, siap untuk mengenal solusi aplikasi DMS dari PrimaDoc lebih lanjut? Hubungi tim marketing PrimaDoc sekarang juga untuk informasi selengkapnya!(Pradana)

Similar Posts